25.11.23

ESSAY 5 - ULVI ISNAINI - PARTISIPASI LOMBA - PSIKOLOGI INOVASI

 Partisipasi Lomba

Ulvi Isnaini

21310410103

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta M A

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menulis adalah salah satu bentuk dari cara seseorang mengekspresikan diri. Dari hasil tulisannyalah seseorang dapat terus berkarya dan dikenang oleh banyak para pembaca. Menulis dapat dilakukan dimana saja. Menulis juga dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kreativitas seseorang. Menulis memiliki banyak macam dan kategori, seperti ilmiah dan non ilmiah. Contoh dari karya tulis non ilmiah seperti cerita pendek, novel, komik, puisi, lirik lagu, pantun dan sebagainya.

Lomba menulis puisi yang diadakan oleh PT. Bara Pustaka pada 06 – 27 Oktober 2023 yang diikuti oleh 1.335 peserta nasional dengan tema senja, dan lomba menulis puisi yang diadakan oleh Event Kreasi pada 05 – 19 November 2023 yang telah memiliki lebih dari 20.000 peserta aktif di seluruh Indonesia dengan tema rindu membawa saya menjadi penulis terpilih yang karyanya dibukukan dengan judul buku tarian terakhir matahari dan bisikan rindu yang abadi.

Karya ini merupakan karya pertama saya yang dibukukan, dan merupakan karya pertama saya dalam membuat puisi. Informasi lomba yang saya dapatkan dari beberapa teman saya, saya coba ikuti tanpa menghapkan apapun. Hanya berbekalkan imajinasi, tekat, niat, dan nekat membawa karya yang dibuat dalam beberapa menit menjadi karya terpilih yang karyanya dibukukan oleh penyelenggara lomba.

Hal ini mengajarkan bahwa adanya kesempatan dan kemauan membawa suatu peluang yang tidak dapat disangka, dan dapat memacu untuk terus berkarya dari berbagai bidang baik dibidang akademik maupun non akademik. Berfikir dan berperilaku inovatif dan kreatif untuk terus mengasah kemampuan diri dari berbagai bidang sangat diperlukan dijaman sekarang, dimana kerasnya persaingan dan banyaknya pengalaman yang dilakukan selama menjadi mahasiswa dapat menunjukkan tingkat value pada mahasiswa tersebut.

Mengikuti lomba tidak akan membuat pesertanya merugi namun sebaliknya, mengikuti suatu lomba yang bahkan belum pernah diikuti baik menang atau kalah berkali-kali akan menjadi pelajaran yang berharga bahwa nilai seseorang bukan hanya dapat dilihat dari keberhasilannya, namun juga proses orang mencapai tujuannya.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar