25.11.23

ESSAY PRESTASI - ULVI ISNAINI - PSIKOLOGI INOVASI

Before After Di Sungai Tambak Bayan

Ulvi Isnaini

21310410103

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta M A

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Melakukan kegiatan membersihkan sampah adalah salah satu bentuk dari pengabdian diri pada masyarakat dan lingkungan sekitar. Selain itu juga membersihkan sampah dapat menjaga lingkungan dari kerusakan alam. Sampah juga dapat menghambat ekosistem alam. Kegiatan membersihkan sampah dapat dilakukan dimana saja. Namun sebelum membersihkan sampah dilingkungan luar, sebaiknya memulai kesadaran pada diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan juga sangat diperlukan. Perubahan itu dilakukan pada masing-masing individu, kemudian diikuti oleh orang sekitar agar sampah-sampah itu tidak kembali terbuang di tempat yang tidak seharusnya.

Sampah yang dibuang disungai akan mencemari air sungai dan mengganggu ekosistem yang ada di sungai seperti ikan, kepiting, udang, katak, dan sebagainya. Kegiatan membersihkan sampah yang  dilakukan disungai Tambak Bayan, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyadarkan bahwa ada beberapa orang yang belum sadar akan bahayanya membuang sampah sembarangan bagi dirinya maupun bagi orang lain. sungai yang berada ditambak bayan digunakan orang sekitar untuk menambak udang dan ikan, memancing, mandi, mencuci, dan kegiatan yang liannya. Jika masih banyak orang yang membuang sampah di sekitar sungai, maka akan mempengaruhi kualitas air dan akan menyebabkan pencemaran serta kerusakan lingkungan lainnya.

 


Namun untungnya sampah yang ada disungai tambak bayan sudah mulai berkurang dari yang terlihat di tahun sebelumnya, sungai terlihat lebih bersih, dan hanya terdapat beberapa sampah yang hanyut terbawa air. Sampah yang tersangkut di pinggir sungai didominasi oleh sampah organik seperti batang pisang, eceng gondok, dan beberapa sampah plastik yang tidak bisa terurai di air.

Untuk sampah sampah batang pisang, hanya di singkirkan di tepi sungai, selain itu tanaman eceng gondok kembali dialirkan di aliran sungai, hal ini karena eceng gondok dapat menjadi sarang bagi para ikan yang ada di sungai. Sampah plastik yang ada di sungai disingkirkan dan di buang jauh dari aliran sungai agar tidak hanyut kembali di aliran sungai.

Menjaga alam sangatlah penting untuk keberlangsungan hidup dan untuk keturunan kedepannya, karena menjaga alam adalah tugas dari setiap individu sehingga sangatlah penting untuk menyadarkan diri sendiri akan pentingnya alam yang lestari untuk keberlangsungan kehidupan di bumi.



0 komentar:

Posting Komentar