2.11.23

Esai UTS Psikologi Inovasi 2023

 

Esai UTS Psikologi Inovasi  2023

 

                                 Mata Kuliah             : Psikologi Inovasi

                                 Dosen Pengampu     : Dr. Arundati Shinta, MA



                                                                        Oleh:

Siti Khasanah (21310410089)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

 

 

 

1. Penolakan mahasiswa terhadap ajakan untuk berubah memiliki hubungan dengan beberapa teori keengganan untuk berunah, termasuk teori-teori seperti teori perubahan Prosws (Prochaska & DIClemente) dan teori keenganana dalam perubahan (Lewin). Ada beberapa faktor umum yang bisa diidentifikasi.

·         Resistensi terhadap perubahan, mahasiswa mungkin merasa bahwa perubahan tidak dieperlukan atau relevan bagi mereka. Mereka mungkin berada dalam tahap prakontemplasi atau kontemplasi dalam teori Prochaska & DIClemente, di mana mereka belum siap untuk mengakui kebutuhan perubahan.

·         Mahasiswa karyawan mungkin merasa bahwa mereka sudah memiliki beban yang cukup berat dengan tugas-tugas kuliah dan pekerjaaan mereka.

·         Mahasiswa reguler mungkin merasa bahwa tugas dakam mata kuliah Psikologi Inovasi tidak relevan dengan psikologi atau tidak memiliki manfaat yang jelas bagi mereka, sehingga mereka tidak melihat alasan untuk berubah.

2. Hubungan anatar resilience dan cerita tentang kedelai dalam How to Build Resilience The Story the Donkey bahwa resilience merupakan kemampuan untuk mengatasi tantangan dan tekanan yang datang tanpa mengalami kehancuran mental atau emosional. Dalam cerita keledai, Donkey menunjukkan resillience dengan cara bertahan dan mencari solusi dalam situasi sulit yang dialaminya. Individu yang memiliki resilience yang baik dalam situasi yang memaksa untuk berubah akan mampu mengatasi ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan mental yang mungkin muncul selama proses perubahan.

3. Buktinya mahasiswa pada kelas Psikologi Inovasi sering mengatakan setuju untuk mengubah diri, namun prilaku mereka tidak menecerminkan perstujuan itu adalah bahwa mereka menolak untuk mengambil tindakan yng diperlukan untuk berubah. Mereka tidak aktif dalam proses perubahan diri yang diajarkan dalam mata kuliah, seperti berfikir kreatif dan berprilaku inonatif. Ini mungkin menunjukkan resisitensi terhadap perubahan dan ketidaknyamanan mereka terhadap aktivitas yang dianggap tidak relevan atau bertat.

4. Dalam situasi tersebut, meskipun tidak ada imbalan yang jelas dari pimpinan tempat kerja untuk prilaku mengubah diri, individu mungkin masih bersedia untuk berubah. Mungkin tidak semua individu akan memiliki pendekatan yang sama. Beberapa alasan seperti:

·         Individu mungkin merasa bahwa perubahan tersebut penting untuk perkembangan pribadi dan prefesional mereka, meskipun ketika tidak ada imbalan langsung.

·         Mereka mungkin telah menyadari kebutuhan untuk berubah setelah mempertimbangkan dampaknya.

·         Mereka mungkin percaya bahwa perubahan akan membantu mereka dalam jangka panjang, meskipun imbalan tidak langsung.

·         Beberapa individu mugkin didorong oleh motivasi intrinsik untuk mengembangkan diri mereka sendiri, tanpa harus tergantung pada rewerd atau imbalan eksternal.

 

 

Daftar Pusaka:

 

Mellita, D., & Elpanso, E. (2020). Model Lewin Dalam Manajemen Perubahan Teori Klasik Menghadapi Disrupsi Dalam Lingkungan Bisnis. Mbia19(2), 142-152.

Prochaska, J. O., & DiClemente, C. C. (1982). Transtheoretical therapy: Toward a more integrative model of change. Psychotherapy: theory, research & practice19(3), 276.

United States. Public Health Service. Office of the Surgeon General, & Center for Mental Health Services (US). (1999). Mental health: A report of the surgeon general. Department of Health and Human Services, US Public Health Service.

Utama, M. K., & Dewi, D. K. (2015). Life history proses perubahan diri mantan narapidana residivis. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan6(1), 18-34.

0 komentar:

Posting Komentar