11.10.23

WAWANCARA DISONANSI KOGNITIF PEROKOK

 

WAWANCARA DISONANSI KOGNITIF PEROKOK

Rahayu Nur Kholifah

21310410079

Psikologi Reguler 21

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA.

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 

Disonansi kognitif adalah perasaan yang dialami orang ketika mereka mendapati diri mereka melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka ketahui (Japarianto,2006). Saya sudah melakukan proses wawancara dengan subjek berinisial AN yang dilakukan pada tanggal 9 oktober 2023 dengan guide yang telah dibuat yang berkaitan dengan perokok. Adapun hasil dari wawancara tersebut sebagai berikut :

 

Saya : Sejak kapan anda mulai merokok ?

AN : Saya merokok sejak pertama kali masuk jenjang SMA dan sampai saat ini saya masih            merokok

Saya : Apa yang membuat anda tertarik untuk merokok ?

AN : Karena waktu itu saya melihat beberapa teman-teman saya yang merokok, dan saya bertanya-tanya pada beberapa teman dekat saya tentang bagaimana rasanya merokok dan sebagainya. Lalu saya dari situ menganggap bahwa merokok itu kesannya keren untuk anak laki-laki.

Saya : Apakah anda tahu bahaya merokok ?

AN : Saya tahu dan paham betul bahayanya seperti apa, tapi karena saya merasa rokok itu sesuatu yang nikmat dan rasanya tidak enak kalau tidak merokok

Saya : Dalam sehari berapa rokok yang anda hisap ?

AN : Satu hari saya bisa menghabiskan 6 batang rokok

Saya : Pernahkah anda berniat untuk berhenti merokok ?

AN : Pernah, tapi setelah mencoba ternyata sulit dan akhirnya tidak berhasil.

Saya : Baik, terima kasih atas semua jawaban yang telah diberikan, semoga anda bisa mencoba kembali apa yang belum berhasil dilakukan.

AN : Semoga saya bisa.

 

Dari hasil wawancara diatas menerangkan bahwa sikap disonansi kognitif  adalah suatu konflik antara pengetahuan dan tindakan, banyak orang tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan tetapi mereka tetap memutuskan untuk merokok sehingga munculnya disonansi kognitif atas keputusan yang telah dibuat yang menyebabkan bertolak belakang antara pengetahuan mengenai dampak negatif merokok dengan perilakunya.

 

 

Referensi :

 

Fadholi, I. S. (2020). Disonansi Kognitif Perokok Aktif di Indonesia. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 1-14.

Indra Prastyo, S. A. (2019). Disonansi Kognitif Wanita Pekerja Seks Komersial yang Bekerja Menghidupi Keluarga. Jurnal Unissula, 1-10.

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar