11.10.23

TUGAS 1 MERINGKAS FILM YOUTUBE PSIKOLOGI INOVASI

 

TUGAS 1 MERINGKAS FILM YOUTUBE

PSIKOLOGI INOVASI

AHMAD HELMY FAUZAN

21310410091

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                                                               



 

TOPIK

 

Seorang guru yang mempunyai tekad dan niat mengubah anak-anak kelas dari yang semula susah di nasehatin dan terkenal jelek di kota New York menjadi anak-anak yang berprestasi dan menjadi kelas unggulan.

 

SUMBER

 

https://youtu.be/ZLLW0sIMLuo?si=h4MPZNvnRoD5j3sD

RINGKASAN

 

Clark merupakan seorang guru yang ingin mendedikasikan ilmunya agar bermanfaat. Dia mendaftar dia sekolah SD yang terkenal mempunyai kelas yang buruk dan anaknya kaya mafia kecil. Setiap hari Clark menunggu di kantor pos berharap surat lamarannya diterima oleh sekolahan tersebut. Setelah beberapa hari ke kantor pos dia menerima surat balasan dari pihak sekolah. Akhirnya dia pergi ke sekolah dan menghadap kepala sekolah.

 

Pada awal dia kesekolah dia dihadapkan oleh anak yang bermasalah karena kenakalannya. Kepala sekolah sempat mengingatkan bahwa tidak ada guru yang tahan mengajar kelas tersebut, namun Clark bersikeras meyakinkan kepala sekolah bahwa dia bisa.

 

Pada hari senin pertama Clark mengajar, Clark sempat kaget dengan anak-anak kelas yang tidak mau memperhatikan guru, duduk diatas meja, ngobrol sendiri, main-main sendiri, bahkan Clark sering diejek oleh anak-anak kelas.

Clark memikirkan harus menerapkan pola pembelajaran yang bagaimana, dia memutuskan untuk mengobservasi siswa-siswanya secara langsung kerumah-rumahnya dan menemui orangtuanya. Namun banyak orang yang tidak menerima kedatangan Clark dan menganggap anaknya sudah tidak bisa diatur.

 

Dalam pembelajarannya Clark menerapkan kekeluargaan antar sesama siswa dan guru sehingga kemistri didapatkan. Clark juga fokus pendekatan pada siswa dengan melihat bakat dan potensi pada masing-masing siswa.

 

Penerapan yang diharapkan sangatlah susah, namun Clark tetap sabar dan berusaha semaksimal mungkin. Pada akhirnya pada ujian nasional yang digelar, kelas yang semula dicap paling buruk berkat Clark kelas itu menjadi juara satu mengalahkan kelas unggulan, dan orangtua siswa yang melihat pun bangga dengan anaknya yang semula nakal bisa berprestasi.

 

PERMASALAHAN

 

konflik terjadi antara siswa, orangtua dan Clark sebagai guru. Siswa yang ingin bebas dan tidak dituntut apapun, orangtua yang pasrah dengan keadaan anaknya, dan Clark yang ingin siswanya menjadi lebih baik. Namun itu dapat dibuktikan oleh Clark bahwa dia bisa merubah walaupun dengan waktunya yang tidak cepat dan diperlukan banyak model pendekatan yang cocok untuk diterapkan.

 

OPINI SAYA

 

Menjadikan perubahan pada siswa yang nakal memang harus dengan pendekatan yang sesuai dengan melihat bakat, minat, dan potensi mereka. Clark habat karena mampu merubahnya walaupun tidak mudah. Jika ingin mengharapkan keberhasilan dibutuhkan tekad yang kuat, usaha, serta kesabaran ekstra.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar