11.10.23

Review Jurnal Motivasi

 Review Jurnal Motivasi

Pemberian Motivasi serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Telekomunikasi Jakarta

 


Oleh: Humairah Natsir

21310410042

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2023

 

Essay ini dibuat dalam rangka memenuhi persyaratan mata kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.

 

Identitas Jurnal:

1.       Judul

Pemberian Motivasi serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Telekomunikasi Jakarta

2.       Nama Jurnal

Widya Cipta

3.       Penulis        

Rani Kurniasari

4.       Tahun Terbit

2018

5.       Volume, nomor, halaman

2, (1) 34-39.

6.       ISSN            

p-ISSN 2550-0805 e-ISSN 2550-0791

7.       Pengulas

Humairah Natsir

Ulasan Jurnal:

8.       Latar belakang

Latar belakang penelitian jurnal adalah karyawan memiliki peran yang penting dalam organisasi sebagai pemikir, perencana, dan pengendali aktivitas organisasi. Agar tujuan organisasi tercapai, diperlukan motivasi untuk bekerja lebih rajin. Hal inilah yang membuat karyawan perlu perhatian lebih baik terhadap pekerjaan yang tugaskan supaya tujuan organisasi tercapai. Dengan motivasi kerja yang tinggi, karyawan dapat bekerja lebih giat di dalam melaksanakan pekerjaannya. Sebaliknya jika motivasi kerja rendah karyawan tidak memiliki semangat bekerja, mudah menyerah, dan sulit dalam menyelesaikan pekerjaannya

9.       Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian jurnalnya adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada salah satu perusahaan telekomunikasi di Jakarta Selatan yang bergerak di bidang industri Teknologi.

10.   Metode penelitian

Data penelitian dalam jurnal didapatkanp melalui kuesioner, observasi dan studi pustaka yang akan diolah dengan menggunakan uji statistik. Data penelitiannya terdiri dari karakteristik 50 responden. Untuk mengetahui korelasi (hubungan) antara Pemberian motivasi terhadap kinerja karyawan pada perusahaan telekomunikasi maka peneliti melakukan uji statistik dengan menggunakan program SPSS.

11.   Hasil

Hasil penelitian pada jurnal menggunakan Uji Instrumen yang terdiri dari Uji Validitas dengan nilai α=0,05 dan nilai n(sampel)=50, dan nilai r tabel sebesar 0,273. Tingkat kevalidan indikator dapat ditentukan, jika r hitung>r tabel=valid dan r hitung<r tabel=tidak valid. Hasil penelitian menunjukkan nilai valid dari besarnya nilai r hitung dari r tabel pada masing-masing indikator. Dan Uji Reliabilitas dengan nilai cronbach’s alpha semua variabel lebih besar dari 0,60, yang menunjukkan indikator yang digunakan variabel, semuanya dapat dipercaya sebagai alat ukur variabel. Selanjutnya peneliti juga melakukan Korelasi Product Moment yang terdiri dari Koefisien Korelasi dengan hasil nilai korelasi antara motivasi terhadap kinerja sebesar 0,961. nilai ini termasuk kategori sangat kuat, maka terdapat hubungan yang positif sebesar 0,961 antara motivasi terhadap kinerja. Dan Koefisien Determinani dengan angka R Square=0,923, angka ini adalah pengkuardatan dari koefisien korelasi, yaitu 0,961×0,961=0,923 atau setara dengan 92,3% dan sisanya (100%-92,3%=7,7%) kemungkinan karena sebab-sebab yang lain.

Dari perhitungan SPSS peneliti menemukan persamaan garis yaitu: Y=2,670+0,901X, menunjukkan bahwa jika nilai motivasi karyawan bernilai 0 atau karyawan tidak memiliki motivasi maka kinerja karyawan sebesar 2,670. Jika motivasi karyawan bertambah 1 satuan maka kinerja karyawan akan meningkat sebesar 0,901.

12.   Kesimpulan

Dari penelitian jurnal dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pemberian motivasi terhadap kinerja karyawan. Motivasi Kinerja mempunyai hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 0,961 dan sesuai dari perhitungan koefisien determinasi, dapat diketahui cukup besar yaitu 92,3% maka berpengaruh terhadap Motivasi terhadap Kinerja dapat dilihat melalui regresi linier sederhana

13.   Kelebihan

Penelitian dalam jurnal sangat detail sehingga hasil yang didapatkan signifikan.

14.   Kekurangan

pada pendahuluan jurnal menggunakan sangat banyak teori tentang motivasi yang cenderung membuat pembaca j@di bingung dengan tujuan penelitian.


0 komentar:

Posting Komentar