11.10.23

Tabungan Dari Botol Plastik dan Bungkus Makanan

 

Nama : Muslimin

Nim : 21310410065

Matkul : Psikologi inovasi

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A

Esai ke-4


 

“Tabungan dari botol plastik dan bungkus makanan”

Sampah pada umumnya merupakan sisa atau hasil dari kegiatan manisia sehari-hari ditemui di berbagai tempat dengan jenis dan wjud berbeda-beda. Selama manusia beraktivitas, sampah menjadi salah satu hal yang akan di hasilkan konsisten dihasilkan terus-menerus bertambah. Untuk itu perlu upaya penanganan sampah secara tepat dan bertanggung jawab agar volume sampah dapat dikurangi dan mencegahnya menumpuk mencemari lingkungan. Disini saya mengajak teman-teman untuk menguangi sampah dengan cara membuat kerajinan tangan.

Kerajinan dari sampah plastik adalah menggunakan  material dasar plastik, baik itu botol plastik, plastik dasar dan sejenisnya. Munculnya inovasi kerajinan plastik ini dari tugas kuliah dan didasari oleh kasus penimbunan limbah plastik di berbagai daerah. Sampah plastik dapat dikreasikan berbagai kerajinan tangan seperti tempat tisu, tempat pensil, aksesorin, dan yang saya buat tabungan dari botol plastik dan bungkus makanan, kegiatan ini agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelolah sampah plastik yang ada di rumah dan lingkungan sekitar. Bahan kerajian yang saya buat ini saya temukan di tempat sampah kost, beberapa hari saya menyimpan nya. Tabungan dari botol bekas dan bungku makanan ini adalah salah satu contoh kerajinan dari botol plastik yang paling populer karena mudah di buat dan mudah di temukan bahannya, Dan bahkan di banyak di temukan di jalan. Jika di buat kerajinan maka kita dapat mengurangi limbah sampah.

Cara buatnya juga mudah:

1.Siapkan botol plastik ukuran bebas, bungkung makanan dan lem.

2.Potong botol nya menggunakan gunting atau pisau.

3.buat lubang koin sekitar 3 cm di bagian tengah botol, lubang ini berfungsi sebagai tempat memasukkan koin.

4. cat botol sesuai kreasi.

5. Hias botol hingga menjadi tabungan lucu. Anda juga bisa membuat nya menjadi hewan menambahkan hidung di bagian botol tutup sesuai selera anda.

Semoga dengan cara membuat kerajinan, sampah ditempat anda dan sekitar nya berkurang ya.

 

0 komentar:

Posting Komentar