16.10.23

ESSAY 2 : PERILAKU HIDUP SEHAT

 

ESSAY 2 MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

PERILAKU HIDUP SEHAT


NAMA : AGUNG SUTRISNO

NIM : 21310410149

PSIKOLOGI INOVASI

ESSAY 2 : MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A.

PROGRAM STUDI : PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Topik

Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat

Sumber

Wakitayanti, N. A., & Hartono, M. (2021). Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat untuk Berolahraga pada Masa New Normal di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport2(1), 137-144.

Permasalahan

Seluruh masyarakat di dunia diresahkan dengan adanya virus Covid-19 yang sudah menjadi pandemi global. Seluruh wilayah di Indonesia juga sudah terkena, hal ini menyebabkan kegiatan masyarakat dibatasi termasuk berolahraga dimasa pandemi. Akhirnya masyarakat pun mulai berolahraga di sekitar rumah. terdapat beberapa upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan kesadaran hidup sehat masyarakat untuk  berolahraga pada masa new normal di kota Semarang.

Isi

Dari observasi yang dilakukan oleh peneliti. Olahraga yang dilakukan bersama-sama adalah suatu bentuk olahraga yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Dengan demikian maka olahraga kesehatan ini menjadi solusi untuk masyarakat agar kebugaran tetap terjaga. Berdasarkan latar belakang tersebut, tampak bahwa motivasi dan kesadaran hidup sehat masyarakat dalam mengikuti olahraga di masa pandemi sangat berhubungan dalam peningkatan pencapaian tujuan menghadapi serta pencegahan Covid-19.

Metode

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif.

Hasil

Dalam penelitian ini kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kebugaran, imunitas tubuh, menjaga kebersihan, makan bergizi, serta istirahat yang cukup.
Faktor yang paling dominan adalah terdapat pada faktor menjaga kebugaran dan imunitas tubuh, karena memiliki persentase yang peling tinggi daripada faktor kesadaran hidup sehat. Masyarakat menyadari bahwa menjaga kebugaran dan menjaga imunitas tubuh sebagai upaya hidup sehat sangat perlu dilakukan dalam menghadapi masa new normal pada saat pandemi.

Simpulan

Berdasarkan dari penelitian tersebut dapat disimpulkan, tingkat motivasi pada masyarakat sangat tinggi karena intensitas olahraga yang dilakukan menjadi bertambah daripada sebelumnya.
Tingkat kesadaran hidup sehat masyarakat dalam berolahraga pada masa new normal dikategorikan sangat tinggi karena masyarakat sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan. Sebaiknya kesadaran hidup dibudayakan semenjak kecil, sehingga hidup sehat bisa menjadi pedoman untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

 

0 komentar:

Posting Komentar