16.10.23

ESSAY 1 : REVIEW FILM THE SHAWSHANK REDEMPTION

 The Sawnshank Redemption

Meringkas film youtube

Essay 1 Psikologi Inovasi 

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun Oleh : Agung Sutrisno (21310410149)

Mata Kuliah : Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Dedikasi seseorang yang ingin menjadi pemain basket

Sumber

https://youtu.be/XIv97tIImz8?si=aZx4akDcIHB0n6v_

Ringkasan

Film Berjudul The Sawnshank Redemption yang berdurasi 1 jam 34 menit. Film ini dibuat berdasarkan kisah fiksi yang ditulis dalam novel karya Stephen King. Film ini berkisah tentang mantan Bankir bernama Andy Dufresne, yang dijatuhi hukuman seumur hidup karena tuduhan pembunuhan terhadap istrinya. Andy menyangkal hal itu, namun pengadilan tetap menjatuhi hukuman tersebut.

Seperti biasa, ketika ada tahanan baru maka tahanan tersebut akan disambut oleh tahanan yang sudah lama berada di lapas tersebut. Tahanan lama bertaruh siapa yang diantara tahanan baru yang akan menangis di malam pertama. Karena bagi tahanan malam pertama adalah malam yang paling berat. Disitulah para tahanan dihadapkan dengan realita yang akan mereka hadapi sehari-hari ketika di penjara. Merekapun disuruh berbaris, kemudian Norton mengenalkan dirinya sebagai kepala sipir dan mengenalkan Hadley sebagai kapten penjara. Semua tahanan baru disuruh telanjang untuk disiram air.

Keesokan harinya, Andy makan bersama dengan tahanan lainnya. Andy pun mencoba mendekati Elis Boy (Red) agar bisa dimintai tolong untuk menyelundupkan barang berupa Palu dan batu. Red, dikenal sebagai penyelundup yang handal. Setelah berhasil menyelundupkan palu, Red memberikan informasi jika Andy ingin membobol tembok, maka dibutuhkan waktu 600 tahun. Red juga memberitahukan Andy agar berhati-hati dengan geng homo. Ke esokan hari nya, Andy yang sedang mengelakukan pekerjaan, tidak sengaja mendengar keluhan dari Norton perihal pajak yang dikenakan pada dirinya. Andy menyela dan mengatakan baha dia bisa membantu Norton agar terbebas dari pajak dengan bayaran bir untuk teman-temannya.

Malam harinya, para tahanan menonton film ramai-ramai. Namun, Andy diperlakukan tidak baik oleh para geng homo. Para geng homo ditahan di tempat isolasi selama seminggu. Kepala Sipir tidak terima atas apa yang dilakukan geng homo kepada Andy, akhirnya pimpinan geng homo dihajar sampai patah tulang tangan dan kaki. Film ini dilanjutkan lagi dengan memperlihatkan penggeledahan sel tahanan, untuk dicari barang-barang yang sekiranya mencurigakan. Andy mendapatkan tawaran untuk menjadi asisten pustakawan. Andy membuat surat yang ditujukan kepada senator agar dapat dikirimkan buku untuk melengkapi stok di perpustakaan.

Brook penjaga perpustakaan mendapatkan remisi, sehingga bebas bersyarat. Namun begitu sampai di rumah, Brook merasa dunia sudah tidak seperti dulu, sehingga Brook memutuskan untuk bunuh diri. Mengetahui hal tersebut, Andy, Red dan teman-temannya merasakan duka mendalam atas kepergian dari brook. Norton memberikan kepercayaan kepada Andy untuk memalsukan harta dari Norton agar terbebas dari pajak.

Datanglah Tommy, penghuni lapas baru yang dipenjara karena mencuri televisi. Andy menyarankan agar Tommy mengganti profesinya, sehingga bisa memiliki masa depan yang cerah. Dari situ Tommy mendapatkan keinginannya untuk berubah menjadi lebih baik dan meminta kepada Andy agar dibuatkan ijazah SMA palsu. Saat mengetahui bahwa Tommy belum bisa membaca, maka Andy berinisiatif untuk mengajari Tommy. Hingga pada akhirnya Tommy mendapatkan nilai C+ dari kementrian pendidikan. Tommy bercerita bahwa dia pernah dipenjara bersama dengan salah satu pemain golf  terkenal. Pemain golf tersebut megatakan bahwa pernah membunuh wanita, yang kemudian diketahui bahwa wanita tersebut adalah istri Andy. Andy mengajukan bebas bersyarat kepada Norton, namun ditolak. Akhirnya Andy melarikan diri saat malam hari melalui dinding yang sudah dilubanginya. Pagi harinya ketika semua tahanan disuruh berbaris, sipir curiga dan mencari keberadaan dari Andy. Andy melarikan diri ke Meksiko dengan membawa identitas palsu yang kemudian mendirikan hotel di pinggir pantai.

Permasalahan

Andy mendapatkan tuduhan telah membunuh istri tercintanya, namun pihak pengadilan tidak menemukan bukti yang cukup. Meskipun demikian, Andy tetap dimasukkan ke dalam penjara.

Opini Saya

Opini saya sejalan dengan film tersebut, untuk mendapatkan sesuatu tidak bisa dilakukan secara instan, karena semua butuh pengorbanan, kerja keras, dan konsistensi agar tujuan bisa tercapai. Meskipun itu harus beradarah-darah. Konsisten adalah kunci dari sebuah keberhasilan. Meskipun dalam film tersebut diperlihatkan tentang tindakan memalsukan dokumen, namun banyak hal yang bisa kita petik seperti kesetiakawanan, tolong menolong dan kerjasama yang baik.

 

0 komentar:

Posting Komentar