3.10.23

PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA

Psikologi Lingkungan

Tugas 1 (Review Jurnal) 

Ahmad Ghozali (19310410031)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



TOPIK

Masyarakat, Kelola, Sampah Rumah Tangga.

SUMBER

Riswan, R., Sunoko, H.R., & Hadiyarto, A. (2011). Pengelolaan sampah rumah tangga di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan. 9(1), 31-38. 10.14710/jil.9.1.31-38

PERMASALAHAN

Masyarakat, Kelola, Sampah Rumah Tangga

TUJUAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan sampah rumah tangga dan faktor-faktor yang berkorelasi, serta merencanakan pengelolaan sampah rumah tangga yang berbasis masyarakat.

ISI

- Sampah adalah sisa dari aktivitas manusia dan proses alam yang berbentuk padat. Produksi sampah terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pola konsumsi masyarakat. Namun, penanganan sampah oleh masyarakat dan pemerintah daerah masih belum optimal. Sampah yang tidak dikelola dengan baik berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitarnya.

- Di Kecamatan Daha Selatan, sebagian besar wilayahnya dilalui oleh Sungai Negara, dan sebagian masyarakat cenderung membuang sampah secara sembarangan, termasuk ke sungai.

- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan hanya mengelola sampah Pasar Negara di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan walaupun masih belum optimal, sedangkan pengelolaan sampah rumah tangga belum berjalan.

- Di daerah pasar, terdapat 2 Tempat Penyimpanan Sampah (TPS) terbuka yang sering melebihi kapasitasnya. Organisasi atau LSM yang peduli lingkungan belum ada yang tertarik menangani sampah.

- Pembiayaan pengelolaan sampah melalui APBD masih kurang memadai dan peraturan daerah terkait pengelolaan sampah belum dijalankan secara optimal.

- Secara umum, ada lima aspek penting dalam pengelolaan sampah, yaitu teknologi, institusi, hukum/peraturan, pembiayaan, dan partisipasi masyarakat.

METODE

- Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional.

- Jumlah sampel diambil dengan menggunakan rumus Krejcie dan  Morgan  (1970).

- Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional sampling  method. Selanjutnya dipilih sampel berdasarkan metode simple random sampling di setiap desa yang telah ditetapkan jumlah sampel rumahnya.

- Data primer didapatkan dengan kuesioner dan wawancara langsung kepada ibu rumah tangga. Sedangkan data sekunder didapatkan dari Kecamatan Daha Selatan, Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan, serta Puskesmas Bayanan.

- Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman untuk menentukan faktor-faktor yang berkorelasi dengan cara pengelolaan sampah rumah tangga.

- Untuk merencanakan pengelolaan sampah rumah tangga di Kecamatan Daha Selatan, digunakan tujuh langkah perencanaan (the seven step magic of planning) dengan menggunakan matriks SWOT.

HASIL

- Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata sampah rumah tangga yang dihasilkan adalah sekitar 1,46 liter/orang/hari atau setara dengan 0,38 kg/orang/hari. Sampah tersebut terdiri dari sekitar 47% sampah organik, 15% kertas, 22% plastik, dan sisanya sekitar 16% logam dan lain sebagainya.

- Pengelolaan sampah rumah tangga di Kecamatan Daha Selatan masih belum berjalan secara optimal.

- Faktor-faktor seperti tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, perilaku terhadap kebersihan lingkungan, pengetahuan tentang peraturan daerah mengenai sampah, serta kesediaan untuk membayar retribusi sampah memiliki korelasi positif dengan cara pengelolaan sampah rumah tangga.

- Saran yang dapat diajukan termasuk peningkatan pelayanan pengelolaan sampah, pembentukan kelompok pengelola sampah di tingkat desa, melibatkan masyarakat dan sektor swasta dalam pembiayaan, meningkatkan koordinasi lintas sektoral, serta melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Selain itu, perlu penerapan peraturan persampahan yang lebih tegas untuk memperbaiki situasi ini.

DISKUSI

- Program pengelolaan sampah tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pemenuhan dari aspek-aspek yang mendukung program pengelolaan sampah.

- Cara pengelolaan sampah dapat ditentukan dengan melihat faktor-faktor yang berkorelasi dengan cara pengelolaan sampah rumah tangga.

0 komentar:

Posting Komentar