6.10.23

MERINGKAS JURNAL PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI


PSIKOLOGI INOVASI (Essay 2)

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.


Topik

Gaya kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi kerja dan Kinerja karyawan.

Sumber

Tolu, A., Mamentu, M., & Rumawas, W. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)11(1), 7-13.

Permasalahan

Gaya kepemimpinan yang diterapkan di lingkungan kerja Dinas    Pertanian    dan    Peternakan    Daerah Provinsi  Sulawesi  Utara dirasa kurang tepat. Dimana dalam bekerja, para pegawai merasakan tidak  adanya  dorongan  dari  pimpinan  atau  dari dalam  dirinya  sendiri untuk  bekerja  dengan  maksimal agar   mencapai   tujuan   yang diharapkan.  Selain  itu  juga  lingkungan  kerja  yang jauh  dari  pusat  pemerintahan,  membuat suasana kerja  berada  diantara  pemukiman  masyarakat  dan keamanan tempat kerja yang dikhawatirkan. Kondisi   diatas   menimbulkan   permasalahan dalam pencapaian kinerja pada Pegawai Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja   pegawai   Dinas   Pertanian   dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Isi

·        Gaya kepemimpinan, merupakan proses yang mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, aktivitas untuk mencapai sasaran, serta memelihara hubungan kerja sama yang baik.

·        Lingkungan kerja, merupakan  segala  sesuatu  yang  ada  disekitar pegawai dan dapat mempengaruhi pegawai dalam menjalankan   tugas  yang   dibebankan   oleh pimpinan.

·        Motivasi kerja, adalah dorongan yang muncul dari dalam    jiwa, yang mendorong pegawai untuk bekerja  sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar dapat mewujudkan tujuan organisasi.

·        Kinerja pegawai, mencangkup kesuksesan pegawai dalam melaksanakan  tugas, dan hasil  kerja  yang dicapai oleh  pegawai  dalam  suatu organisasi.

Metode

·        Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian kuantitatif.    Dimana populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh   ASN   Dinas   Pertanian   dan   Peternakan Provinsi Sulawesi Utara.

·        Dalam   penelitian   ini   digunakan   Teknik pengumpulan  data menggunakan kuesioner (angket). Dengan skala likert berupa rentang nilai 1=sangat tidak setuju; 2= tidak  setuju;  3=Kurang  setuju;  4=setuju;  5=sangat setuju.   Data   yang   didapat   kemudian   dianalisis dengan metode Structural  Equation  Model (SEM)  dengan bantuan software Amos ver.24.

·        Pada penelitian  dengan  menggunakan  Teknik  SEM kali ini, menggunakan responden sebanyak125 responden                      

Hasil

Dengan metode SEM, Diperoleh hasil:

·        Adanya  pengaruh positif  dan  signifikan  antara  Gaya kepemimpinan    terhadap    Kinerja    pegawai   dengan koefisien  pengaruh  sebesar 0,261  dan  nilai  p  sebesar  0,012. Yang berarti  semakin   baik   gaya   kepemimpinan   maka   semakin   baik   pula motivasi   kerja   sehingga mengakibatkan semakin baik juga kinerja pegawai.

·        Adanya  pengaruh positif  dan  signifikan  antara  Gaya kepemimpinan terhadap Motivasi kerja pegawai dengan  koefisien  pengaruh  sebesar 0,235  dan  nila  p  sebesar  0,022. Dapat diartikan Semakin  kuat  Gaya  kepemimpinan  maka  semakin tinggi  pula  motivasi  kerja  pegawai.

·        Adanya pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan  kerja  terhadap  Motivasi  kerja  pegawai dengan koefisien pengaruh sebesar   0,372   dan   nilai   p   sebesar   0,001. Sehingga semakin baik Lingkungan kerja maka semakin tinggi pula  motivasi  kerja  pegawai.

·        Adanya   pengaruh   positif   dan   signifikan   antara Lingkungan  kerja  terhadap  Kinerja  dengan  koefisien  pengaruh sebesar 0,223 dan nilai p sebesar 0,048. Sehingga semakin baik Lingkungan kerja maka semakin tinggi pula kinerja    pegawai.

·        Adanya   pengaruh   positif   dan   signifikan   antara Motivasi   kerja   terhadap   Kinerja   pegawai   dengan  koefisien pengaruh  sebesar 0,288 dan nilai p sebesar 0,02. Sehingga semakin  kuat  motivasi kerja maka semakin  tinggi pula kinerja    pegawai.

Diskusi

Adanya keterkaitan disetiap variabel yang diteliti, dimana setiap variabel berpengaruh dan saling berhubungan, gaya  kepemimpinan yang baik akan meningkatkan kinerja   pegawai, gaya kepemimpinan yang kuat, juga akan meningkatkan motivasi kerja pegawai, selain itu lingkungan kerja yang baik juga meningkatkan  motivasi kerja dan kinerja  pegawai, dan motivasi kerja yang tinggi juga akan meningkatkan kinerja pegawai  Dinas  Pertanian  dan  Peternakan  Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

 

0 komentar:

Posting Komentar