6.10.23

MERINGKAS FILM YOUTUBE DAN OPINI SAYA MENGENAI MOTIVASI DAN TEKAD YANG KUAT DALAM MERAIH IMPIAN DITENGAH GANGGUAN OCD YANG DIDALAMI DALAM FILM “THE AVIATOR (2004)”


 

PSIKOLOGI INOVASI (Essay 1)

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.


 Topik

Kegigihan dan tekad yang kuat seorang pria pengidap Obsessive–Compulsive Disorder (OCD) bernama Howard Hughes dalam mencapai segala keinginannya, yang pada akhirnya membawa Howard Hughes sukses menjadi seorang  penerbang, insinyur, produser, dan juga sutradara film.

Sumber

The Aviator (2004)

Film – 2 :49 : 00

https://youtu.be/qmsYCD_gVZk?si=Lcin9NF-Epf3QZNp

Ringkasan

Howard Hughes diperankan oleh (Leonardo DiCaprio), merupakan seorang pria yang brilian dan inovatif yang menderita gangguan mental yaitu OCD, dimana ia terobsesi dengan kebersihan dan kerapian disekitarnya.

Pada tahun 1913 di Houston, ibu Howard mencemaskan Howard yang masih berusia delapan tahun tentang wabah kolera yang sedang melanda. Empat belas tahun kemudian, pada tahun 1927, menjadi awal kesuksesan Howard dalam industri film, di mana ia memproduksi dan menyutradarai film-film sukses seperti "Hell's Angels (1930)”

Dalam perjalanan karirnya, Howard menjalani hubungan dengan aktris Katharine Hepburn, yang membantu Howard meringankan gejala OCD nya yang semakin parah. Tetapi, sayangnya hubungannya dengan Katharine tidak berjalan lama.

Selain diindustri film, Howard juga tertarik dalam dunia penerbangan, pada tahun 1935, Howard menerbangkan pesawat H-1 Racer dengan kecepatan baru. Lalu, tiga tahun kemudian, ia memecahkan rekor dunia dengan terbang keliling dunia selama empat hari lamanya. Kemudian Howard juga membeli sebagian besar saham Transcontinental & Western Air (TWA).

Seiring berjalannya waktu, Karir Howard makin berkembang, Pada pertengahan 1940-an, Howard mendapat dua kontrak proyek dengan Pasukan Militer Amerika Serikat, untuk sebuah pesawat mata-mata, dan pesawat angkut pasukan pada Perang Dunia II. Dalam uji coba penerbangannya tidak selalu berjalan mulus, saat menguji pesawat pengintai XF-11, salah satu mesin pesawat itu mati di tengah penerbangan dan jatuh di Beverly Hills,  mengakibatkan Howard mengalami luka parah. Bersamaan dengan berakhirnya Perang Dunia II, para tentara membatalkan pesanan pesawat yang dibuat Howard. Insiden ini membuat FBI menjadi tertarik kepada Howard, ia menghadapi banyak tuduhan yang membuat gangguan mental Howard semakin parah. Howard menghadapi penyakitnya dengan mengasingkan diri disebuah kamar kecil. Diruangan itu, Howard mulai melihat kilas balik masa kecilnya, tentang obsesinya terhadap penerbangan dan ambisinya untuk sukses dengan mengulang ungkapan "the way of the future" (cara mencapai masa depan). Yang berhasil mengantarkan Howard menjadi seorang penerbang paling berpengaruh dalam sejarah.

Permasalahan

Beberapa permasalahan utama dalam film ini, diantaranya adalah gangguan OCD yang diderita Howard Hughes, mengakibatkan ia menjadi seseorang yang sangat terobsesi dengan kebersihan, dan perfeksionisme dalam segala sesuatu yang ia kerjakan, OCD yang diderita oleh Howard juga berdampak pada karir dan hubungannnya dengan pasangannya. Selain itu, Howard juga mengalami beberapa hambatan dalam produksi film dan uji coba penerbangan pesawatnya.

Opini saya

Film ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk memiliki tekad yang kuat dan terus berusaha dalam mewujudkan impian agar mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, film ini juga memberikan pandangan bahwa kekurangan yang kita punya tidak akan menjadi hambatan dalam mencapai impian kita.


0 komentar:

Posting Komentar