11.10.23

MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

 

ESSAY 2

MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Oleh:

Destiana Dini Safitri (21310410090)

Kelas Reguler

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



 

ANALISA PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA KERAJINAN GERABAH DI LOMBOK BARAT

Topik

Motivasi berwirausaha, inovasi produk, pertumbuhan usaha

Sumber

Yunal, V. O. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Inovasi Produk terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah di Lombok Barat. Agora1(1), 337-347.

Permasalahan

Melihat realita bisnis dimana motivasi berwirausaha, inovasi khususnya inovasi produk memang memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan pertumbuhan yang dialami pengusaha. Jika tidak memiliki motivasi yang kuat dalam berwirausaha dan tidak melakukan inovasi, maka akan sulit usaha tersebut mengalami pertumbuhan.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha melalui inovasi produk.

Isi

Pelaku wirausaha membawa perubahan dan kemajuan perekonomian di Indonesia. Dapat dilihat bahwa semakin banyak Masyarakat yang terjun ke dunia bisnis, dengan membuka usaha sendiri baik skala kecil, menengah, besar dalam berbagai sektor. Industri kerajinan di Indonesia telah bersaing di level internasional dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Motivasi merupakan sebuah pendorong atau penggerak dari dalam diri sendiri yang mengarahkan atau menuntun tindakan seseorang terhadap suatu tujuan tertentu, serta memfokuskan perhatian seseorang dan mendukung tindakan yang diambil. Sedangkan motivasi berwirausaha ialah daya pendorong atau penggerak dalam diri yang menimbulkan semangat terhadap penciptaan suatu pekerjaan ataupun kegiatan dengan melihat peluang yang ada di sekitar, bertindak berani dalam mengambil resiko, melakukan kegiatan yang inovatif, serta memiliki orientasi terhadap laba.

Metode

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan asosiatif kausal. Penelitian deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang meneliti sekelompok manusia, objek, suatu kondisi, serta suatu peristiwa di masa sekarang. Penelitian asosiatif kausal merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Sampel dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan, menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling kepada 91 responden yang berwirausaha di bidang industry kerajinan gerabah.

Hasil

Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan usaha kerajinan gerabah di Lombok Barat. Akan tetapi, untuk pengaruh tidak langsung yang melalui inovasi produk belum ada, yang berarti bahwa faktor inovasi produk belum mempunyai kemampuan dalam mengintervening tersebut. Para pengusaha gerabah di Lombok Barat, memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukan kegiatan berwirausaha sehingga pada akhirnya tujuan agar pertumbuhan usahanya bisa meningkat dapat tercapai.

Diskusi

-       Motivasi berwirausaha sangat mempengaruhi warga dalam membuat inovasi produk dan meningkatkan pertumbuhan usaha yang dimiliki.

-       Konsumen seringkali memiliki keinginan atau kriteria produk gerabah tertentu yang sebelumnya belum pernah dibuat oleh pengusaha itu sendiri, sehingga pengusaha harus melakukan sebuah inovasi produk untuk mmenuhi permintaan konsumen.

-       Minimnya pertumbuhan usaha yang terjadi, dipengaruhi oleh kondisi ekonomi saat itu. Meskipun pertumbuhan usaha mereka berfluktuasi, usaha mereka tteap mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

 

0 komentar:

Posting Komentar