22.10.23

MERINGKAS JURNAL (ESAII 2)

Nama        : Sylvia Anggraeni

Nim           : 21310410027

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Prolamasi 45 Yogyakarta



Topik

Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Motivasi Intrinsik terhadap kinerja

Sumber

 Septina, F., & Samuel, T. (2020). Pengaruh motivasi ekstrinsik d an motivas i intrinsik t erhadap kinerja karyawan CV. Muncul Anugerah Jaya. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting)3(2), 103-112.

Permasalahan

CV MAJ mempunyai visi untuk menjadi salah satu distributor terbesar yang ada diKALIMANTAN TIMUR , dimana perusahaan ini ingin menyalurkan produk nya secara merata ke toko – toko kecil maupun swalayan yang ada di Kalimantan Timur. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan penuh oleh para karyawan supaya visi ini dapat terwujud.

indikator motivasi ekstrinsik terdiri dari work environment, reward, job involvement, leadership, sedangkan yang menjadi indikator motivasi intrinsik adalah self-expression, personal-fit, and personal fulfilment.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa pengaruhnya motivasi ekstrinsik dan motivisai intrinsic terhadap kinerja karyawannya.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi pengaruh motivasi ekstrinsik (work environment, reward, job involvement, leadership) dan motivasi intrinsik (self-expression, personal-fit, personal fullfilment) kinerja karyawan CV. Muncul Anugerah Jaya (CV.MAJ)

Isi

-          Kinerja karyawan merupakan hasil kerja yang dicapai oleh karyawan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai tanggung jawab dan wewenang yang dimilikinya (job performances) (Mulyadi et al., 2018). Faktor utama yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah motivasi dalam bekerja yaitu hygiene factors dan motivator factors (Alshmenmri, 2017).

-          Kadir (2018), faktor motivasi ekstrinsik berdampak positif terhadap kinerja karyawan PT. Permata Finance Cabang Banjarmasin, sedangkan faktor motivasi intrinsik berdampak negatif terhadap kinerja karyawan PT. Permata Finance Cabang Banjarmasin.

-          CV MAJ hanya berfokus pada reward dan lingkungan kerja (ekstrinsik) karena menurut mereka semakin tinggi reward yang diberikan maka akan semakin tinggi juga kinerja mereka di Perusahaan.

Metode

-          Penelitian ini penelitian kuantitatif

-          Metode pengumpulan data dengan kuesioner kepada seluruh karyawan CV. MAJ yang berjumlah 31 orang,

Hasil

 Variabel motivasi ekstrinsik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,354 > 0,05, hal ini menunjukkan motivasi ekstrinsik tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan CV. MAJ. Variabel motivasi intrinsik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga motivasi intrinsik memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan CV. MAJ.

Diskusi

-          Atasan seperti manajer dalam suatu organisasi harus memberikan perhatian lebih kepada bawahannya, memperhatikan keinginan dan kebutuhan karyawan, kekuatan yang dimiliki bawahan serta sasaran yang ditetapkan dalam rangka memuaskan kebutuhan diri karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

-          Motivasi ekstrinsik tidak selalu lebih dominan dibandingkan motivasi intrinsic.

0 komentar:

Posting Komentar