9.10.23

MERINGKAS FILM YOUTUBE “C (2006)”

 

MERINGKAS FILM YOUTUBE “The Pursuit of Happiness (2006)”

ESAI 1 INOVASI PSIKOLOGI

OLEH: ARYA APOLONIO

NIM : 21310410109

KELAS SJ/ SEMESTER 5

DOSEN PENGAMPU : Dr. Dra. ARUNDANTI SHINTA

FAKULTAS PSIKOLOGI

PROKLAMASI UNIVERSITAS 45 YOGAKARTA




 

            Kali ini film yang saya tonton berjudul “The Pursuit of Happiness yang berarti mengejar kebahagiaan. Film yang rilis pada tahun 2006 yang menceritakan perjalanan seorang ayah dalam menggapai mimpi dengan semangat dan pantang menyerah.  Film ini berlatar belakang di kota Fransisco pada tahun 1981 di mana keadaan ekonomi saat itu sendang mengalami kekacauan dan banyak sekali hujan dimana-mana. Toko utama dalam film ini bernama Chris gardner yang diperankan oleh Will Smith. Chris telah memiliki istri dan seorang anak laki-laki yang setiap harinya dititipkan di tempat penitipan anak, karena Crish sendiri sibuk bekerja sebagai seorang salles sebuah alat medis yang harus ditawarkan secara langsung di rumah sakit namun sayangnya kebanyakan rumah sakit sudah memiliki alat medis tersebut sehingga menjual alat tersebut bukanlah hal yang mudah. Padahal Chris membutuhkan uang untuk membayar biaya kontrakan dan juga biaya penitipan anaknya. Di sisi lain  istrinya sendiri bekerja di sebuah pabrik tekstil yang jam kerjanya sangat padat, itu sebabnya sang anak selalu dititipkan si tempat penitipan anak. Sang istri juga tidak pernah mengurusi anaknya sama sekali karena harus bekerja lembur demi memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Chris sering kali termenung memikirkan dagangannya yang belum terjual sama sekali padahal itu adalah satu-satunya sumber penghasilannya, bahkan di waktu lain ketika bekerja ia melihat seorang dengan mobil mewah dan berkenalan dengan pria tersebut yang merupakan seorang pialang saham. Chris melihat orang lain tampak bahagia dengan kehidupannya lalu ia bertanya dalam hatinya “mengapa aku tidak bias tampak seperti itu”.

            Di rumah sering kali Chris bertengkar dengan istrinya karena alasan ekonomi yang selalu kurang ditambah lagi istrinya yang tidak mau membantunya menjemput anaknya padahal ia ingin melamar pekerjaan agar mendapatkan pekerjaan yang layak. Akhirnya suatu masa Chris pun memberanikan dirinya untuk mendaftar menjadi pialang saham, karena termotivasi oleh orang yang pernah ia temui sebelumnya, dan di saat itu juga ia sambil membawakan dagangannya dan dititipkan ke seorang pengamen jalanan sehingga alat medis dagangannya dibawa lari oleh pengamen tersebut. Chris pun merasa semakin pusing akibat kejadian tersebut ditambah lagi tepat penitipan anaknya sedikit tidak baik karena penjaganya sering memutar tontonan film dewasa, hal tersebut tentu membuat dirinya sebagai seorang ayah merasa sangat khawatir.

            Di lain hari Chris melamar lagi dikantor pialang saham lain bahkan ia menemui dan mengikuti bos kantor tersebut hingga ke dalam sebuah taxi. Dalam perjalanan bos tersebut tampak sibuk memainkan sebuah rubik dan Chris yang terus berbicara tidak ia hiraukan, alu Chris berkata bahwa ia mampu untuk menyelesaikan menyusun rubik tersebut akhirnya tepat setelah taxi sampai tujuan rubik tersebut berhasil diselesaikan oleh Chris. Namun ketika turun sialnya Chris tidak memiliki uang sehingga ia harus kabur dari taxi tersebut. Setelah kejadian itu Chris mengabari istrinya untuk meminta maaf karena tidak menjemput anaknya. Namun ternyata istrinya bolos bekerja demi menjemput anaknya dan istrinya pun kabur dari kontrakan. Selanjutnya Chris akhirnya dihubungi oleh bos pialang saham karena kagum dengan kegigihannya dalam menyelesaikan sebuah masalah, akhirnya Chris resmi magang walaupun tidak mendapatkan gaji selama 6 bulan. Chris pun bertemu istrinya dan mengambil kembali anaknya lalu mereka berpindah ke penginapan yang lebih murah. Hari-hari yang sangat melelahkan dilalui oleh Chris yang di mana ia harus berangkat magang kemudian menawarkan alat media lalu menjemput anaknya. Hingga suatu ketika ia di usir dari penginapan karena telat membayar. Akhirnya dimalam itu Chris dan anaknya menginap di toilet umum sambil terjaga dan menangis Chris menjaga anaknya agar tetap tertidur nyenyak. Tak terasa waktu berlalu kehidupan yang penuh derita itu membuahkan sebuah hasil atas jerih payah yang telah dilalui, Chris akhirnya diterima bekerja karena bos melihat ia magang bekerja secara gigih dan lebih mencolok dari rekan lainnya. Tamat…

 

Sumber                    : YouTube

Judul                        : The Pursuit of Happiness (2006)

Durasi                       : 1:57:7

Link                          : https://youtu.be/8fnVG-EKFmE?si=QsqDQrFwliRGSfQ7

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar