7.10.23

MERINGKAS FILM YOUTUBE : THE PURSUIT OF HAPPYNESS




 

ESSAY 1 PSIKOLOGI INOVASI

MERINGKAS FILM YOUTUBE

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

 

THE PURSUIT OF HAPPYNESS 

Topik

The Pursuit of Happyness menceritakan kisah inspirasi tentang tekad, ketabahan, dan perjuangan seorang pria dalam mengatasi kehidupan yang sulit untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan sejati. Film ini menunjukkan pentingnya untuk mempertahankan impian dan tujuan hidup meskipun dalam situasi yang paling sulit

 

Sumber

The Pursuit of Happyness

https://youtu.be/8fnVG-EKFmE?si=NhtYWMkpfSzg4uNN

 

Ringkasan

Kisah film ini berlatar pada tahun 1981 di San Francisco, California. Chris adalah seorang suami sekaligus ayah yang hidup di sebuah apartemen kecil bersama dengan istri dan anaknya. Chris adalah seorang salesman yang menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk membeli franchise untuk membeli dan menjual scanner tulang (Bone Density Scanner) portable. Scanner ini dikenal dapat menghasilkan gambar lebih jelas dari X-ray, tetapi tidak membuahkan hasil. Kemudian keluarga kecilnya perlahan mulai terpecah ketika mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat membayar sewa rumah dan tagihan-tagihan yang menumpuk. Kondisinya menjadi semakin parah karena Chris yang memarkir mobilnya sembarangan dan tidak dapat membayar biaya tilang sehingga mobilnya disita. Pada akhirnya istrinya pun meninggalkannya.

Dalam kondisi yang sangat sulit dan diselimuti oleh keputusasaan, Chris tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang mengendarai Ferrari merah. Chris bertanya kepada orang itu, pekerjaan apa yang ia lakukan sehingga dapat membeli mobil mewah itu. Kemudian orang tersebut menjawab bahwa beliau adalah seorang pialang saham. Sejak saat itu, Chris memutuskan untuk berfokus menjadi seorang pialang saham.

Chris menerima tawaran untuk mengikuti kegiatan pelatihan atau magang tanpa mendapat bayaran di suatu perusahaan pialang Dean Witter Reynolds yang menjanjikan sebuah pekerjaan bagi peserta magang terbaik. Dalam masa magangnya, Chris mulai kehabisan uang dan berakhir diusir dari rumah sewanya dan menjadi tuna wisma. Selama bebrapa hari ia tidur di tempat-tempat umum, kemudian ia memutuskan untuk tidur di rumah singgah Glide Memorial Chruch. Namun, karena keterbatasan tempat beberapa orang harus mengantri untuk memperoleh kamar dan juga belum tentu mendapat kamar walau sudah mengantri. Kesulitan, kemiskinan dan keputusaan yang dialami Chris lebih mendorong tekadnya untuk menjalankan tugas dengan aktif dan memperoleh pekerjaan di Dean Witter Reynolds.

Setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, hingga akhirnya Chris berhasil menjadi peserta terbaik dan bekerja di Dean Witter Reynolds. Beberapa tahun kemudian ia mulai membangun perusahaan pialang sendiri yang diberi nama Gardner Rich. Kemudian ia mulai menjual sebagian kecil sahamnya dan berhasil memperoleh jutaan dolar dari penjualannya. Setelah pasang surut dan pahitnya kehidupan yang telah ia alami selama ini akhirnya ia dapat meraih mimpinya dan mewujudkan kesuksesan dan kebahagiaan yang selama ini hanya ada dalam angan semu nya.

Permasalahan

Chris adalah seorang ayah tunggal yang berjuang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dan putranya yang masih kecil. Chris memiliki harapan untuk dapat membangun kehidupan yang lebih baik, tetapi menghadapi banyak kesulitan dan tantangan dalam prosesnya. Ia mengalami kesulitan ekonomi yang membuatnya tidak dapat tinggal dengan nyaman dan ia juga tidak dapat menemukan pekerjaan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhannya dan anaknya. 

Opini saya

Menurut saya film tersebut sangat bagus dan inspiratif. Dari film tersebut saya dapat mengambil pelajaran bahwa kita tidak boleh menyalahkan situasi ketika tertimpa masalah, dan daripada terus mengeluh lebih baik terus mencoba untuk bangkit dan keluar dari maslah yang dialami. Kemudian setinggi apapun impian yang dimiliki, meskipun di awal terlihat sulit dan tidak mungkin untuk dicapai, apabila terus berusaha dan pantang menyerah maka bukan tidak mungkin mimpi itu akan terwujud.

 


0 komentar:

Posting Komentar