7.10.23

Essay 2 MERINGKAS JURNAL MOTIVASI DAN INOVASI MUSTIKA FEBRIANI

 ESSAY 2 MERINGKAS JURNAL 
                                        

                  PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH
                  THE GADE AND CLEAN AND GOLD DI KAMPUNG KITIRAN YOSOROTO
                                    
                                                            MUSTIKA FEBRIANI


                                                                    21310410004
                                                                  PSIKOLOGI SJ

Topik

Pemberdayaan Masyarakat program bank sampah

Permasalahan

Bagaimana penerimaan ide dalam pemberdayaan Masyarakat melalui program bank sampah The Glade Clean and Gold

Tujuan penelitian

Untuk mengetahui penerimaan ide dalam pemberdayaan Masyarakat melalui program bank sampah The Glade Clean and Gold

Isi

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah THE GADE CLEAN AND GOLD Di kampung Kitiran Yosoroto

 

Inovasi dalam pemberdayaan Masyarakat program bank sampah adalah bentuk pengembangan yang menaikan kesejahteraan Masyarakat. Melalui pemberdayaan Masyarakat. Dikampung Kitiran yang terletak dikecamatan Laweyan, Kota Surakarta menerapkan program bank sampah The Gade and Gold sekaligus berinvestasi emas dan mengembangkan kampung sebagai kampung wisata edukasi pengelolaan sampah.

Sebuah inovasi akan diterapkan bila pengadopsi sudah bersikap untuk memutuskan sehingga pelaksanaan inovasi tersebut terus berlanjut, sama halnya dengan inovasi program bank sampah the gade clean and gold yang masyarakatnya bertindak dalam menetapkan inovasi yang digunakan kemudian diterapkan untuk menjadi budaya baru. Sejumlah kesatuan yang tidak hanya sekedar tim kolaboratif tetapi saling terkait dan terlibat dalam menyelesaikan masalah Bersama dan mencapai kesepakatan Bersama Rogers (dalam Osborne, 2016). keikutsertaan innovator dan tim kerja berperan aktif dalam mengubah pola pikir Masyarakat dan menurunkan ketidakpastian inovasi. Program The Gade cleane and gold bermula dari Innovator yang mengambil Langkah dengan menghijaukan rumahnya sendiri terlebih dahulu demi membuktikan kepada Masyarakat apa hasil yang didapat dengan begitu Masyarakat akan percaya dan meniru dengan apa yang dilakukan innovator. Koordinasi warga kampung Kitiran membentuk ikatan sehingga menghasilkan tujuan kepentingan Bersama, karena Masyarakat sudah memiliki pola pikir yang maju, sadar akan adanya Inovasi dan kooperatif dalam mengembangkan kampungnya.

Penerimaan Inovasi dapat terjadi dengan adanya karakter opinion leader dalam menyampaikan informasi kepada individua tau kelompok. Upaya yang dilakukan Leader tak sekedar dari meningkatkan perekonomian dan kesadaran lingkungan saja namun dengan berdirinya inovasi di Kampung Kitiran ini menumbuhkan rasa solidaritas didalam anggota system sosial tersebut. Selain hal ini terjalinnya Kerjasama dengan instansi dilingkungan kampung baik pegadaian, hotel dan komunitas lainnya.

 

Metode

Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerangkan metode yang tersedia.

Hasil dan pembahasan

Penelitian ini berfokus pada penerimaan pemberdayaan Masyarakat melalui inovasi program bank sampah The Gade Clean and Gold. dalam prosesnya pemilihan informan dalam penelitian ini berdasarkan orang yang tinggal di kampung Kitiran dan mengetahui keberlangsungan program pemberdayaan melalui inovasi bank sampah dikampung tersebut.

Kampung Kitiran yosoroto yang berlokasi di Kelurahan Purwosari Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dahulu menjadi Kampung yang mati, minimnya keterlibatan warga diberbagai kegiatan kemasyarakatan, bermasalah dengan adanya retribusi sampah dan rendahnya penghasilan bagi warga lanjut usia, kemudian suatu perkembangan terbentuk dan menjadi Upaya perwujudan kesejahteraan Masyarakat dalam memberdayakan lingkungan.

 






0 komentar:

Posting Komentar