7.10.23

ESSAY 1 MERINGKAS FILM YOUTUBE

 Psikologi inovasi

                                            tugas 1 ( meringkas film Youtube )

                                               Mustika Febriani 21310410004
                                                       
                                                            PsikologiSJ

                                      Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.
                                        Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




  

topik

Seorang pelatih Perempuan yang menjadi inspirasi

sumber

The Perfect Race | 1.28.14 |

Link : https://www.youtube.com/watch?v=nv97RBG9LJc

 

Ringkasan

 

Menceritakan tentang pelari Bernama Brithney yang memiliki pelatih Bernama Michaels yang melatihnya berlari jarak jauh.

Dokter michael ini sudah memberi peringatan kepadanya untuk segera istirahat karena memiliki masalah dengan jatungnya. Lalu ia menyarankan sekolah untuk mencari pelatih yang handal untuk mencapai regional.Sedangkan michael tidak memiliki asisten pelatih untuk membantu pelati jarak jauh . Lalu ia mengajak pelatih Donald donnelly untuk menggantikannya dan dia juga merupakan pelatih brittany waktu disekolahnya dulu.

Pelatih michael sangat mengharapkan britney untuk bisa menjadi pelari terbaik karena ia memiliki peluang atau kesempatan yang besar.

Pelatih donne terus melatih britney dengan waktu yang diambil secara khusus, pelatih donne memiliki caranya sendiri untuk memberikan pelatihan lari kepada britney namun cara tersebut sedikit dianggap berbeda oleh orang-orang dan mereka menanyakan seperti apa sebenarnya tujuan dilakukan pelatihan yang berbeda tersebut. Namun pelatih donne tidak ingin menjawab detail dikarenakan dia bukan pelatih untuk murid-murid yang bertanya tersebut.

setelah berbincang dengan murid-murid pelatih donne bertemu dengan pelatih shimpsons ia mengatakan bahwa sejujurnya ia tidak menyukai keberadaan pelatih donne kepada tim estafet untuk membantunya karena ia mengubah beberapa aturan.

Pelatih donne mengajak britney untuk berkendara terlebih dahulu sebelum ia mengajaknya untuk latihan di lintasan yang sedikit menanjak yang berbeda dengan lintasan yang biasanya.

Pelatih donne ingin merubah cara menjalankan balapan, namun britney merasa bahwa ia tidak bisa melakukannya namun pelatih donne memberikan penjelasan atau motivasi kepada britney sehingga ia kembali semangat untuk melakukan latihan larinya lagi.

Saat britney sedang bersama pacarnya yang bernama Crist , Christ bertanya mengapa hanya britney yang mendapatkan pelatih pribadi sedangkan yang lain tidak dan ia merasa sedikit dibedakan dengan britney namun britney berusaha menghapus pemikiran yang tidak-tidak yang dipikirkan oleh christ.

Britney berlatih terus menerus oleh pelatih donne dan dia sudah merasa terlalu lelah dan pelatih berkata apa yang akan kamu lakukan kamu akan berhenti kamu akan terus melakukannya, kata kata itu membuat britneyy dalam sekejap kembali memiliki semangat untuk kembali latihan dan akhrinya britney bisa melewati waktu yang ditentukan oleh pelatih donne.

Saat britney sedang bersama dengan pacarnya dan teman-temannya , Christ selalu mengolok-olok britney tentang larinya sehingga lelucon itu membuat britney sakit hati dan memutuskan untuk berpisah dengan crist.

Gaya dalam pengajaran pelatih donne di ragukan oleh staff-staff lainnya bahkan mereka tak segan mengolok-olok cara pelatih donne namun hal itu tidak diambil pusing oleh pelatih donne ia hanya langsung pergi dengan senyuman meninggalkan para staff yang mengolok-oloknya.

Saat hujan britney tetap berlatih dengan giat bersama pelatih donne namun ternyata banyak sekali yang berpikir bahwa itu aneh salah satunya Christ yang sangat terlihat tidak suka. Namun lalu diberikan penjelasan oleh pelatih donne dan akhirnya Christ merenungi semua hal yang telah ia pikirkan selama ini.

Jadwal operasi pelatih michael tepat pada hari sabtu tanggal 18 dan ia harus berada dirumah sakit lebih awal jadi direncanakan pada tanggal 16. Pelatih michael meminta dokter untuk menunda operasinya karena ia ingin mengetahui hasil dari britney lari yang berjarak 800m namun dokter tidak mengizinkannya.

Pelatih simpsons menemui pelatih donne dan ia meminta maaf kepadanya karena telah memperlakukan pelatih done dengan kurang menyenangkan.

Britney dengan beberapa staff mendatangi pelatih michael dirumah sakit dan mengatakan bahwa pelatih donne menyuruh britney untuk memperlambat larinya namun tidak dengan alasan. Mereka menanyakan arahan untuk britney agar bisa mengalahkan keisha, pelatih michael meminta untuk berbicara 4 mata dengan britney dan ia mengatakan kepada britney agar ia melakukan balapan persis seperti yang dikatakan pelatih donne.

Tiba hari disaat britney melakukan balapan, para staff meragukan pelatih donne untuk balapan hari ini dan hasilnya adalah britney berada di urutan pertama dan bisa mengalahkan keisha. Dan itu merupakan kabar baik untuk pelatih michael dan mereka segera bergegas ke rumah sakit untuk menemui pelatih michael dan britney memberikan medalinya ditangan pelatih michael dan meninggalkan sepatunya yang bertuliskan “ we did it! “.

 

Permasalahan

-          Pelatih menawarkan Teknik unik untuk lari lintas alam , namun siswa dan orangtua tidak menganggap pendekatan pelatih berhasil

-          Memiliki konsep kalah terlebih dahulu

-          Menggunakan Teknik mengajar yang yang tidak jelas, namun nasihatnya masuk akal.

Opini saya

-          Dalam film ini terdapat sebuah kutipan yang menurut saya bagus di “ Remember The Goal “ itu adalah dialog singkat yang pelatih Donnelly katakana kepada timnya tentang Sekertariat pemenang Kentucky Derby 1973.

-          Menurut saya, Ketika sedang mengerjakan sesuatu dan kita yakin dan selalu percaya lalu berusaha kita akan mencapai tujuan meskipun banyak sekali rintangan. Dan Ketika kita mengambil cara yang berbeda biasanya mendapat pro kontra dari lingkungan dan sebaiknya tidak usah dipikirkan dan tetap melanjutkan.

 

                                            

0 komentar:

Posting Komentar