11.10.23

MERINGKAS FILM One Flew Over The Cuckoo’s Nest

Muslimin

21310410065

Psikologi inovasi

Dr. Arundati Shinta, M. A

Esai ke-1



One Flew Over The Cuckoo’s Nest “

Menonton film motivasi hidup bisa membuat penonton kembali bersemangat menjalani kehidupan. Sebab, film motivasi hidup menampilkan kisah tokoh dengan permasalahan hidupnya yang bisa saja relevan dengan pengalaman penonton.  Sehingga hanya dengan menonton kemudian meresapi, penonton bisa saja menemukan solusi dari masalah hidup yang dihadapi.

Ini adalah sebuah film asal Amerika Serikat yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari orang pengidap gangguan jiwa, atau masyarakat umum menyebutnya “Orang Gila”. Film ini bercerita kehidupan narapidana yang bernama Randle McMurphy (Jack Nicholson). Sehari-harinya di rumah sakit jiwa, padahal McMurphy hanya berpura-pura menjadi orang sakit jiwa, alasanya menurut Mcmurply kehidupan di rumah sakit jiwa lebih tenang, ketimbang kehidupan di penjara. McMurphy di penjara karena di tuduh pemerkosaan anak dibawah umur.

McMurphy menjalani kehidupan sehari-harinya di rumah sakit jiwa, dan berientraksi dengan orang-orang sakit jiwa, seperti: Dale Harding, Chief dan kawan-kawan, serta perawat Pilbow yang merupakan pengurus rumah sakit jiwa. Murply awalnya merasa aneh tinggal di rumah sakit jiwa tersebut, dia merasa orang lain berbeda dengan nya. Akan tetapi perlahan Murphy menikmati kehidupannya dirumah sakit jiwa dan mulai akrab bersama teman-teman sesama penghuni rumah sakit tersebut, dengan membuat kesenang kecil, seperti bermain kartu. Seketika waktu Murphy dan teman-tamanya di paksa minum obat, Murphy pun mempertanyakan obat apa yang kepada mereka, sehingga membuat jengkel Suster Ratched mengancam Murphy dan teman-teman akan menyuntiknya, jika tidak meminum obat tersebut.

Pada akhirnya suster Ratched curiga kepada Murphy sebenarnya tidak gangguan jiwa, agar terlepas dari tuntutan pidana.

Ketika satu pihak memiliki kekuasaan absolut, dan pihak lain tidak mempunyai kebebasan pribadi, maka muncul lah penindasan dan tertindas. Jelas sekali sepanjang film, perawat Ratched ditampilkan sebagai penindas karena dia memiliki kendali penuh atas mental bangsal.

0 komentar:

Posting Komentar