10.10.23

MERINGKAS FILM MOTIVASI

 


PSIKOLOGI INOVASI

Tugas Essay 1

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas  Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

 Topik

Perjuangan seorang anak laki laki yang harus bangkit setelah ayah nya meninggal, dan berjuangan menghadapi teman teman barunya yang selalu membully secara fisik. Dan ia membuktikan nya melalui prestasi yang dicapainya.

Sumber

The Karate Kid (2010)

Durasi Film  = 2 : 20 : 00

https://youtu.be/uUYw1uHeKo4?si=Eei7num2TFupd_uZ

Ringkasan

Film ini menceritakan seorang anak laki laki yang masih remaja Bernama Dre Parker yang di perankan oleh Jaden Smith yang tinggal Di Amerika Serikat bersama ibunya  karena ayahnya yang telah meninggal dunia sewaktu Dre masih kecil. Di Amerika Dre memiliki teman teman yang sangat baik padanya, namun karena ibunya di tugaskan untuk pidah kerja di Beijing, China. Akhirnya Dre pun harus ikut dan berpindah bersama ibunya. Sesampainya di China Dre bertemu dengan seorang teman dan mengajaknya untuk bermain di Taman. Saat berada di taman Dre bertemu dengan seorang gadis cantik Bernama Mei Ying, dan seketika Dre pun jatuh hati padanya.Namun ada seorang anak laki laki yang ternyata juga suka kepada Mei Bernama Cheng. Dia adalah seorang anak laki laki yang jago beladiri kung Fu, dan sejak saat itu Cheng bersama teman teman nya sering memukuli Dre karena terus mendekati Mei. Suatu ketika Dre ingin balas dendam kepada cheng dan teman teman nya dengan menumpahkan oli kepadanya namun sialnya Dre ketahuan melakukan perbuatan jahat itu dan akhirnya Dre di keroyok oleh Cheng dan teman teman nya, Dre Sudah putus asa kemudian datang Seorang laki laki Bernama Tuan Han yang menolongnya. Setelah itu Tuan Han membawa Dre kerumah nya dan mengobati lukanya. Dre kemudian mengunjungi tempat Cheng berlatih Kungfu bersama Tuan Han. Tuan Han mengatakan kepada pelatihnya Bernama Guru Li untuk memberi tahu murid muridnya agar tidak menggangu Dre lagi, namun Guru Li justru memantang agar Dre menyelesaikan masalah nya dengan Cheng secara one by one. Karena Dre tidak memiliki basic beladiri Tuan Han menolak untuk mengadu nya sekarang, tapi Tuan Han mengajaknya untuk menyelesaikan nya di pertandingan bela diri dan Guru Li pun menyetujui nya. Sejak saat itu Dre menjadi murid Tuan Han dan berlatih di rumah nya, seringin berjalan nya waktu Dre merasa bosan dengan system Latihan yang monoton, Dre merasa putus asa dan pesimis bisa melawan Cheng di pertandingan. Namun ternya Tuan Han memiliki cara melatih sendiri agar Dre menjadi petarung yang handal. Setelah hampir putus asa Tuan Han mengatakan sesuatu kepada Dre yang membuatnya bangkit kembali “Kehidupan akan menjatuhkan kita tapi kita bisa memilih untuk kembali bangkit atau tidak”. Sampai di hari pertandingan datang Dre akhirnya bertanding satu lawan satu dengan murid guru Li dan bertemu dengan Cheng di babak Final, namun Dre mengalami luka yang cukup serius di kakinya. Dre tetap melanjutkan pertandingan setelah mengingat perkataan Tuan Han. Dan akhirnya Dre pun menjadi pemenang dalam pertandingan itu.

Permasalahan

Masalah Utama dalam Film ini adalah seorang anak laki laki yang tidak memiliki basic beladiri namun sering di pukuli oleh teman nya, namun anak itu memilih untuk berlatih beladiri agar bisa melawan nya dan membuktikan keahlian beladirinya di pertandingan.

Opini saya

Film ini memiliki pesan yang cukup dalam, dan kata kata yang paling saya ingat dari film ini adalah “ Kehidupan akan menjatuhkan kita tapi kita bisa memilih untuk kembali bangkit atau tidak”. Yang artinya semua orang pasti pernah mengalami kegagalan tapi dari situ kita bisa belajar untuk terus bangkit agar bisa meraih sebuah kesuksesan.

 

0 komentar:

Posting Komentar