28.10.23

MENGUBAH KARDUS BEKAS MENJADI KOTAK TISU

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Berperilaku Inovatif (Essay 4)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh: Faiza Cleary Flannery (21310410048)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 



   Kreativitas adalah bagian yang tak terpisahkan dari pemikiran sivitas akademika kampus, dimana kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Proses untuk menghasilkan hal baru tersebut dapat berasal dari proses imajinatif dari penciptanya sendiri, dapat juga berasal dari informasi dan pengalaman sebelumnya mengenai hal yang akan diciptakan, kemudian pencipta melakukan penggabungan dan pembaharuan dari karya maupun gagasan yang pernah ada untuk menghasilkan karya maupun gagasan yang baru, dan berbeda dengan karya yang telah ada sebelumnya. Kreativitas sebagai sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas) dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan. Pengertian ini lebih menekankan aspek proses perubahan (inovasi dan variasi).

   Perilaku inovasi atau perubahan diri bisa juga dilakukan oleh mahasiswa dengan cara melakukan recycle atau daur ulang, benda-benda yang sebelumnya tidak bermanfaat dan menjadi sampah bisa diolah menjadi barang-barang baru yang memiliki manfaat dan kegunaan baru. Fungsi barang pada saat sebelum dan sesudah melalui proses recycle bisa jadi akan berbeda. Sebagai contoh, semisal sebuah botol air kemasan yang semula menjadi wadah air minum, setelah di-recycle berubah menjadi pot sebagai tempat menanam tanaman hias atau diubah menjadi wadah pencil dan lainlain. Contoh recycle lainnya adalah sampah dedaunan dan organik lainnya diolah menjadi pupuk kompos. Pada kesempatan kali ini saya akan me-recycle kadus bekas menjadi kotak tisu yang cantik. Barang ini memiliki nilai pakai bahkan juga nilai jual.

   Bahan-bahan yang di gunakan yaitu:

1. Kardus bekas

2. Kertas kado

3. Lem tembak

4. Lem kertas

5. Gunting dan cutter

6. Penggaris dan bolpoint (untuk memgukur dan membuat pola pada kardus)


   Cara membuatnya adalah:

1. Potong kadus menjadi sebuah pola persegi panjang dengan ukuran

·         Untuk bagian depan & belakang (13 cm & 23 cm)

·         Bagian atas (9,5 cm & 23 cm)

·         Bagian alas (10 cm & 23 cm)

·         Bagian samping kanan dan kiri (13,5 cm & 10 cm)

·         Bagian tambahan (23 cm x 1 cm), (11 cm x 1 cm), dan (13,5 cm x 1 cm)

2. Bungkus pola denga kertas kado agar lebih rapi dan cantik

3. Kemudian, rakit pola dengan menggunakan lem tembak

   Dan kotak tisu siap di gunakan atau di manfaatkan untuk menaruh tisu di meja makan, kamar, ruang tamu dan sebagainya. Kardus bekas yang saya sulap atau saya kreasikan menjadi kotak tisu yang cantik ini kemudian saya jual di shopee dengan link penjualan sebagai berikut: https://shp.ee/bb4dsf5

  



0 komentar:

Posting Komentar