28.10.23

Essai 4 : Berperilaku inovatif_Christoper Gracia Siregar_23310420056

 Memanfaatkan Galon Bekas Lemineral Menjadi Tempat Penyimpanan Baju Kotor

Psikologi Inovasi Essay III Berperilaku Inovatif
Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Christoper Gracia Siregar
(23310420056)

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Seperti yang kita ketahu bahwa Lemineral memiliki produk air mineral 15L yang dikemas dalam bentuk galon. Lemineral melakukan marketing promosi dengan menyebut bahwa galon yang mereka gunakan untuk kemasan air 15L tersebut, selalu menggunakan galon baru sehingga kebersihannya selalu dapat terjaga. Akan tetapi hal ini sebenarnya membawa dampak negatif bagi lingkungan, apabila sampah dari galon bekas air kemasan Lemineral ini tidak dikelolah degan baik. Seperti yang kita ketahui bahan dasar pembuatan galon adalah plastik, apabila galon dibuang secara sembarangan dan tidak bertanggug jawab setelah air Lemineral habis dikonsumsi, makan galon-galon ini akan menjadi sampah yang tidak dapat hancur dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu pemamfaatan galon bekas Lemineral 15L perlu menjadi salah satu hal yang dianggap serius, agar kedepannya tidak menjadi sampah yang dapat mencemari lingkungan sekitar.


Pada pemamfaatan galon bekas Lemineral 15L ini saya merubahnya menjadi tempat untuk meletakan dan penyimpanan baju kotor sebelum dicuci. Seperti yang diketuhi bahan dasar plastik yang digunakan pada galon Lemineral cukup mudah untuk digunting, sehingga saya menggunting sebagaian di sekitar sisi dan sedikit didepan galon Lemineral 15L ini agar dapat meletakan baju kotor didalamnya. Saya juga memberikan sedikit hiasan seperti sepesang mata agar bentuk benda ini terlihat lebih familiran dimata manusia. Penggunaan galon bekas Lemineral ini menjadi tempat menyimpan baju kotor cukup sederhana, pengguna hanya cukup memasukan baju kotor lewat lobang berukuran sedang yang ada muka galon atau mengangkat sedikit atas galon yang telah dipotong untuk memasukan baju atau celana yang berukuran lebih besar.


Bahan dan alat yang digunakan :

1. Galon bekas Lemineral 15L.

2. Gunting.

3. Pisau.

4. Tutup botol air menral.

5. Lakban hitam

Saya memasarkan produk hasil berperilaku inovatif ini secara online di marketplace FaceBook dengan harga Rp5.000,00. dengan link sebagai berikut:

https://www.facebook.com/marketplace/item/3198051863822109/?mibextid=dXMIcH


0 komentar:

Posting Komentar