19.10.23

 Essay II: Meringkas Jurnal Motivasi

Dosen : Dr.Dra.Arundhati Shinta,MA

Oleh: Lodia Etding/21310410013

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Topik

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Sumber

Jurnal Basicedu

Volume 6 Tomor 2 Tahun 2022 Halaman 1959-1965

Reasearch & Learning in Elementary Education

Peneliti


Almi Ranti Datu1, Hetty Julita Tumurang2,Juliana Margareta sumilat3.

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian yang dilakukan oleh Niken Desy Pratiwi dan Ferina Agustini (2019) adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization  terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Puri 03 Pati. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa.

Permasalahan

Artikel penelitian yang dibahas menyoroti beberapa masalah yang berkaitan dengan hasil belajar dan motivasi:

1. Studi oleh Ardiansyah dan Nana (2020) menekankan perlunya pendidikan untuk membentuk individu yang berpengetahuan, kreatif, terampil secara digital, dan fleksibel. Namun, sifat alami-naluriah pendidikan tidak lagi memadai, dan proses pembelajaran dapat dimanipulasi untuk mengoptimalkan hasil belajar. Motivasi diidentifikasi sebagai faktor penting dalam mencapai hasil belajar yang baik, karena siswa dengan motivasi kuat memiliki energi untuk terlibat dalam kegiatan belajar.

2. Penelitian yang dilakukan oleh Hetty Julita Tumurang Datu dan Juliana Margareta Sumilat (2022) mengakui keterbatasan penelitian mereka, seperti ukuran sampel yang kecil hanya 30 responden dan fokus pada satu sekolah dan satu tingkat kelas. Mereka menyarankan bahwa penelitian di masa depan harus mencakup ukuran sampel yang lebih besar dan melibatkan beberapa sekolah atau tingkat kelas untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan komprehensif. Studi ini juga menyoroti dampak pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar, karena siswa mungkin menghadapi tantangan untuk tetap termotivasi untuk belajar selama periode ini.

3. Rismawati (2019) menekankan pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajarnya. Penelitian menemukan bahwa motivasi dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pendidikan kewarganegaraan. Penelitian menunjukkan bahwa guru harus memberikan penghargaan kepada siswa yang mencapai hasil belajar yang baik untuk memotivasi mereka dan memperkuat peraturan sekolah untuk mempromosikan disiplin dalam menyelesaikan tugas.

4. Safitri dan Sontani (2016) menyoroti masalah hasil belajar yang kurang optimal di kalangan siswa. Studi ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan untuk meningkatkan penyerapan siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mencerminkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan oleh guru dan kemampuan mereka untuk mengkomunikasikan pengetahuan mereka dalam ujian atau tes. Secara keseluruhan, studi ini menjelaskan tantangan dan faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran, termasuk motivasi, disiplin, dan dampak faktor eksternal seperti pandemi Covid-19.

Isi

Jurnal Basicedu Vol 6 No 2 Tahun 2022p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147 adalah sebuah artikel penelitian yang menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada siswa SD Negeri 2 Tomohon, dengan sampel sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya motivasi dalam proses belajar dan menyarankan agar guru menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menarik untuk meningkatkan motivasi siswa.

Penelitian yang dilakukan oleh Niken Desy Pratiwi dan Ferina Agustini pada tahun 2019 menguji pengaruh motivasi belajar terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif yang disebut Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas tiga di SD Negeri Puri 03 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak motivasi belajar terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menemukan bahwa motivasi belajar memainkan peran penting dalam memaksimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini relevan dengan situasi saat ini di mana siswa kurang motivasi untuk belajar karena pandemi Covid-19. Keterbatasan penelitian ini termasuk ukuran sampel yang kecil dan fokus hanya pada satu sekolah dan satu tingkat kelas. Namun, peneliti berharap temuan mereka dapat menjadi panduan untuk meningkatkan motivasi belajar dan mencapai hasil belajar yang lebih baik.

 

Diskusi

Berdasarkan artikel penelitian yang dibahas, dapat disimpulkan bahwa motivasi memegang peranan penting dalam hasil belajar siswa. Studi menemukan bahwa siswa dengan motivasi tinggi cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik. Motivasi penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong siswa untuk rajin belajar. Namun, selama pandemi Covid-19, motivasi belajar siswa mungkin terpengaruh karena pergeseran ke pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, sangat penting bagi pendidik dan orang tua untuk memberikan dukungan dan bimbingan untuk memotivasi siswa dalam proses belajar mereka.

Perlu dicatat bahwa keterbatasan penelitian termasuk ukuran sampel kecil dan fokus pada sekolah atau tingkat kelas tertentu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak motivasi pada hasil belajar dalam konteks yang berbeda dan dengan ukuran sampel yang lebih besar. Meskipun demikian, temuan dari studi ini memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan motivasi dan mencapai hasil belajar yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar