5.10.23

essay 2: meringkas jurnal: Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya

 

Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya

Psikologi Inovasi

Tugas 2 (Meringkas Jurnal)

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Topik

Motivasi Belajar, Kontrol diri, Dukungan Sosial, Mahasiswa

Sumber

Puteri, A. P., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi8(6), 1-13.

Permasalahan

Perubahan proses pembelajaran secara luring (offline) menjadi daring (online), membuat mahasiswa membutuhkan penyesuaian dari diri individu dan dukungan dari orang sekitar agar tetap menunjang peningkatan motivasi belajar.

Tujuan Penelitian

Mengetahui hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya dan menyelidiki seberapa jauh hubungan antara dua variabel X dan variabel Y.

Isi

·      Kemampuan kontrol diri yang baik, akan mempunyai hubungan yang berkaitan pada peningkatan motivasi pada individu tersebut, dalam penelitian ini, hubungan antara kontrol diri dan motivasi belajar menempati posisi tingkat rendah.

·      Motivasi belajar dengan kontrol diri saling berkaitan, karena kontrol diri dalam mahasiswa merupakan faktor intrinsik yang harus dimiliki agar dapat meningkatkan motivasi belajar.

·      Dukungan sosial dengan motivasi belajar, berkaitan dengan dukungan yang diberikan oleh orang tua.

Metode

·         Berdasarkan judul penelitian, jenis kuantitatif dengan metode korelasi digunakan sebagai metode penelitian ini, dikarenakan analisis data penelitian berbentuk angka lalu diproses menggunakan metode analisis statistika.

·         Subjek pada penelitian ini berjumlah 360 subjek dari mahasiswa Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya angkatan 2018, 2019, 2020.

·         Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan cara data dikumpulkan dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan yang nantinya responden diminta untuk menjawab.

·         Hasil validitas setiap item-item pada penelitian ini dapat dilihat melalui skor aitem yakni harus lebih dari r tabel (> r tabel), sehingga aitem yang bernilai diatas r tabel maka dinyatakan valid.

·         Rumus Cronbach Alpha digunakan dalam penelitian ini untuk menguji reliabilitas dalam penelitian ini dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.

Hasil

·         Pada variabel kontrol diri, hasil yang didapat menunjukkan bahwa sebanyak 241 mahasiswa Psikologi memiliki kontrol diri yang sedang. Lalu, pada dukungan sosial, mahasiswa yang memiliki dukungan sosial yang sedang yakni sebanyak 276 mahasiswa dukungan sosial yang tinggi. Sebanyak 294 mahasiswa Psikologi memiliki motivasi belajar yang tinggi Perbedaan tingkatan tersebut, dapat dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya yakni jenis kelamin (gender) mahasiswa.

·         Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kontrol diri, berarti individu tersebut mempunyai kemampuan untuk dapat mengontrol perilaku, pola berpikir, dan pengambilan keputusan agar dapat mengarahkan dirinya ke arah yang lebih positif.

·         Hasil penelitian pada variabel dukungan sosial dengan motivasi belajar, menunjukkan bahwa dukungan sosial dari anggota keluarga terutama orang tua memiliki kontribusi yang besar terhadap motivasi belajar mahasiswa di saat pandemi.

Diskusi

·         Kontrol diri mendapatkan hasil sedang sebagai pengaruh motivasi, maka dari itu banyak faktor lain yang mempengaruhi motivasi mahasiswa yang perlu digali.

·         Dukungan sosial yang ada dalam penelitian semestinya dikaji lagi karena dukungan sosial ada banyak jenis dan macamnya.

 

0 komentar:

Posting Komentar