4.10.23

Essay 2 meringkas Jurnal

 

Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 Melalui Publikasi

Psikologi Inovasi

Tugas meringkas jurnal (essay 2)

Oleh:

Nia Zulkhaini(21310410097)

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta,M.A



Topik

Upaya meningkatkan motivasi belajar anak

Sumber

Fadilah, A. N. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 Melalui Publikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1) : 373-384.

 

Permasalahan

Covid-19 menyebabkan perubahan proses belajar pada anak pembelajaran secara tatap muka pada lingkungan sekolah berubah menjadi study form home (SFH). Dengan diterapkannya sistem pembelajaran SFH pada masa pandemi menimbulkan dampak negatif terhadap siswa yaitu mengenai motivasi belajar siswa yang semakin menurun.

Tujuan

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meneliti strategi guru TK dalam menghidupkan motivasi belajar siswa dalam melakukan study form home (SFH) selama masa pandemi COVID-19.

Isi

Covid-19 yang menyerang Indonesia pada awal 2020 mengakibatkan diterapkannya peraturan PSBB dimana seluruh masyarakat di haruskan untuk mengurangi aktivitas diluar rumah salah seperti diberhentikannya proses pendidikan secara tatap muka diganti dengan proses pembelajaran study form home (SFH).

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang paling fundamental, dikarenakan perkembangan anak pada tingkat selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi yang didapat pada usia dini.

Anak membutuhkan adaptasi dengan lingkungan sekolah serta teman-teman sekolah sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar. namun dengan diterapkannya SFH tentunya dapat menurunkan motivasi belajar dan juga mengurangi stimulasi-stimulasi anak yang seharusnya didapatkan pada lingkungan sekolah PAUD.

Metode

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode tersebut digunakan dengan tujuan untuk mendapatan  pengetahuan baru dan gambaran strategi seperti apa yang akan diterapkan oleh para guru TK Al-Huda untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran SFH akibat adanya wabah covid-19.

Penelitian dilaksanakan mulai pada tanggal 16 Maret 2021 sampai dengan tanggal 20 Mei 2021. Subjek penelitian yaitu para guru serta anak murid TK Al-Huda Kota Malang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara dengan para guru dilakukan melalui media telepon seluler, untuk media dokumentasi dilakukan dengan cara mengamati beberapa postingan status serta caption yang tertera terkait hasil kerja tugas para peserta didik melalui whatsapp dan instagram.

Hasil

Strategi yang diterapkan pada proses pembelajaran secara SFH terbukti berhasil meningkatkan motivasi belajar anak, dengan menyertakan caption dalam publikasi tugas dapat menjadi pujian bagi anak dan menumbuhkan semangat belajar.

Terdapat beberapa hambatan yang ditemui selama penelitian yaitu mengenai faktor orangtua anak yang kurang kontribusif dalam mendukung SFH, terbatasnya sarana pembelajaran seperti gadget, dan terhambatnya kreativitas guru, mendorong motivasi belajar anak salah satunya yaitu dengan ide-ide kreatif guru, dengan diterapkannya pembelajaran secara SFH tentunya menghambat kreativitas guru.

Penerapan publikasi hasil tugas memberikan dampak positif yaitu meningkatkan motivasi belajar anak, melatih kedisiplinan anak, dan dapat membantu kedekatan anak dengan orangtua.

Diskusi

Kreativitas guru sangat berpengaruh penting dalam meingkatkan motivasi belajar anak. selain guru peran orangtua juga tidak kalah penting dalam mendukung serta mendampingi anak dalam berpendidikan. Seperti pada masa pandemi covid-19 peran orangtua sangatlah penting bagi proses pembelajaran anak kaarena orangtua yang berperan sebagai guru serta teman bagi anak untuk menciptakan situasi pembelajaran yang menarik bagi anak sebagai dorongan motivasi belajar.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar