5.10.23

essay 2: meringkas jurnal: Rahasia Inovasi Karyawan Wanita di Era Digital: Analisis Modal Psikologis dan Dukungan Kepemimpinan

 

Rahasia Inovasi Karyawan Wanita di Era Digital: Analisis Modal Psikologis dan Dukungan Kepemimpinan

Ulvi Isnaini 21310410103

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Dukungan otonomi kepemimpinan; modal psikologis; perilaku inovatif individu; revolusi industry 4.0

Judul

Rahasia Inovasi Karyawan Wanita di Era Digital: Analisis Modal Psikologis dan Dukungan Kepemimpinan

Penulis

Tias Pramono, Masduki Asbari, Heri Supriatna, Yunianto Agung Nugroho, & Dewiana Novitasari

Tahun

2021

Sumber

Pramono, T., Asbari, M., Supriatna, H., Nugroho, Y. A., & Novitasari, D. (2021). Rahasia Inovasi Karyawan Wanita di Era Digital: Analisis Modal Psikologis dan Dukungan Kepemimpinan. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi16(2), 312-328.

Permasalahan

Inovasi adalah tujuan yang diinginkan dari bisnis modern yang sukses. Sebagian besar bisnis dan organisasi menyadari perlunya bersikap proaktif dalam upaya “kreativitas” atau inovasi mereka. Organisasi di industri manufaktur tidak terkecuali.

Penelitian tersebut memiliki tiga tujuan. Yaitu, tujuan umum dan kontribusinya adalah mempelajari perilaku inovasi dari sudut pandang pekerja perempuan dengan menggunakan organisasi industri manufaktur sebagai objek penelitian. Kemudian, perilaku inovasi dipengaruhi oleh karakteristik pribadi. serta, perilaku inovasi juga dipengaruhi oleh karakteristik organisasi.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian tersebut adalah sebagai pengukuhan atau memastikan penerapan teori inovasi dan variabel-variabel pendahulunya yang terkait pada pekerja perempuan di bidang manufaktur, yang masih relatif jarang terjadi di dunia penelitian kontemporer.

Oleh karena itu, penelitian tersebut berupaya untuk mengukur pengaruh dukungan otonomi kepemimpinan dan modal psikologis terhadap perilaku inovatif individu karyawan perempuan di industri manufaktur Tangerang.

Metode

Penelitian tersebut menggunakan metode penelitian kuantitatif di mana metode ini diambil dengan teknik survey yang dilakukan diruang alamiah.

Pembahasan

Ada beberapa alasan yang saling terkait mengapa dukungan kepemimpinan terhadap otonomi mempunyai dampak langsung terhadap perilaku inovasi setiap karyawan.

Pertama, mendukung otonomi kepemimpinan berpotensi “membina” karyawan dengan motivasi intrinsik yang meningkatkan minat mereka dan memotivasi mereka untuk fokus pada peningkatan kinerja yang berkelanjutan. Kedua, karena Mendukung otonomi kepemimpinan dikaitkan dengan motivasi positif. Oleh karena itu, masuk akal untuk berasumsi bahwa karyawan juga menjadi lebih terlibat dan berkomitmen, sehingga meningkatkan perilaku inovatif individu mereka. Oleh karena itu, oleh karena itu, karyawan memandang bahwa fungsi dukungan otonomi kepemimpinan sejalan dengan motivasi mereka dengan mendorong perilaku inovatif individu.

Hasil

·         modal psikologis mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistic sebesar 2,502 lebih besar dari 1,96 dan nilai p-value sebesar 0,013 lebih kecil dari 0,05.

·         dukungan otonomi pemimpin berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 5,994 lebih besar dari 1,96 dan nilai p-value sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05.

·         mendukung otonomi kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap modal psikologis. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistic sebesar 9,902 lebih besar dari 1,96 dan nilai p-value sebesar 0,000 kurang dari 0,05.

·         dukungan otonomi pemimpin berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif melalui modal psikologis. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-statistic sebesar 2,231 lebih besar dari 1,96 dan nilai p-value sebesar 0,026 lebih kecil dari 0,05

 

0 komentar:

Posting Komentar