10.10.23

Essay perilaku inovatif

 



Essay Perilaku Inovatif

Essay 4 Psikologi Inovasi

Fika Yuliyanti (21310410007)

Dosen Pengampu : Arundati Shinta


Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak dibuang oleh manusia karena di setiap kegiatannya mereka menggunakan plastik unttuk keperluan sehari-hari entah itu perorangan, toko, maupun perusahaan besar. Contohnya sederhananya adalah saat ibu rumah tangga belanja ke pasar mereka sebagian besar membawa plastik untuk tempat belanjanya dan setelahnya plastik tersebut akan di buang ataupun dibakar, contoh lainnya adalah saat orang-orang membeli minuman kemasan mereka akan membuang sampah botol plastic tersebut. Membakar ataupun membuang sampah keduannya adalah tindakan negatif karena dapat merusak lingkungan. Oleh karena itu agar sampah tidak menumpuk kita bisa mengubahnya menjadi produk inovatif yang memiliki nilai jual. Salah satunya adalah memanfaatkan botol bekas menjadi bunga hias, berikut adalah bahan dan cara membuat bunga hias dari sampah botol plastik

Bahan :

1.       6 buah botol bekas

2.       Pinset

3.       Gunting

4.       Lem tembak

5.       Korek api

6.       Tusuk sate

7.       Lampu string

Cara:

1.       Langkah pertama adalah menggunting bagian tengah botol bekas dan memotongnya menjadi enam bagian

2.       Kemudian bentuk potongan botol tadi menyerupai bentuk kelopak bunga

3.       Selanjutnya pegang potongan yang sudah di bentuk tersebut menggunakan pinset dan panaskan potongan tersebut dengan korek api hingga bentuknya berubah.

4.       Setelah semua potongan tersebut sudah dipanaskan dengan korek api, langkah selanjutnya adalah memotong bagian bawah botol dan bagi menjadi dua bagian

5.       Setelah menjadi dua bagian, setiap bagian harus di potong kecil-kecil tetapi jangan sampai terputus, kemudian panaskan lagi dengan korek api dan gulung hingga membentuk kuncup bunga.

6.       Lalu kita kumpulkan botol plastik yang sudah siap dan tempelkan ke tusuk sate yang sudah disiapkan.

7.       Ulangi step tersebut hingga habis, setelah itu pasang lampu string ke hiasan bunga yang sudah jadi.

8.       Nyalakan lampu string.

9.       Selesai

Mengubah sampah plastik menjadi barang inovatif yang memiliki nilai jual bukanlah hal yang mudah, tetapi apabila memiliki niat dan keinginan yang kuat maka akan lebih mudah, apalagi ketika meilah sampah yang tadinya hanya akan di buang maupun dibakar kini bisa menjadi barang yang bagus dan bermanfaat. Selain itu dengan merubah sampah menjadi barang inovatif artinya kita sudah turut serta membuat langkah kecil dalam penanganan masalah.

Shopee : https://shope.ee/9zWCoiCxGU


0 komentar:

Posting Komentar