22.10.23

Essay 5 (MENGIKUTI PERLOMBAAN)

 Sylvia Anggrani

21310410027

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Mengikuti sebuah kompetisi banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan, tidak hanya berbicara tentang menang atau kalahnya akan tetapi lebih ke prosesnya untuk mengikuti perlombaan tersebut. Dimana Ketika kita mengikuti perlombaan bisa mengembangkan kemampuan, keterampilan dan potensi diri .

Ketika kita mengikuti sebuah perlombaan tanpa kita sadari sisi kompetitif dalam diri kita bisa menjadi sebuah motivasi baik untuk diri kita menjadi lebih baik dan membuat diri kita menjadi seseorang yang tidak mudah menyerah. Serta bisa mengukur kemapuan kita dan bisa mengenali kemampuan lawan dengan cara yang sportif.

Saat ini banyak sekali perlombaan yang bisa kita ikuti secara gratis. Dan jika memang kita berusaha dan beruntung kita bisa mendaptkan hadiah yang cukup besar.

Saya sendiri mencoba peruntungan di 2 perlombaan, yang pertama saya mengikuti kompetisi di Perusahaan saya yang memang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali, dan yang ke dua saya mengikuti perlombaan membuat puisi yang diselenggarakan oleh Sastrakita Indonesia.

Untuk yang pertama perlombaan yang diselenggarakan oleh Perusahaan alhamdulilah saya menjadi juara 1 untuk Best Leader, dimana ada beberpa indicator yang ditetapkan oleh Perusahaan dimulai dari pencapaian , kinerja dan leadership kita diuji di perlombaan ini. Akan tetapi kemenangan ini bukan akhir dari perjuangan saya dalam bekerja masih banyak lagi hal-hal yang memang harus saya pelajari untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih lagi.

Dan untuk perlombaan ke dua saya mengikuti perlombaan membuat puisi dimana memang untuk perlombaan ini saya belum bisa tembus 100 besar akan tetapi itu tidak membuat saya menjadi patah semangat untuk mengikuti perlombaan yang selanjutnya. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari perlombaan pembuatan puisi ini, dimana bahasa-bahasa kiasan yang sederhana bisa merubah suasana atau inti dalam suatu karya. Pada awalnya saya kurang percaya diri untuk mengikuti perlombaan pembuatan puisi ini dikarenakan saya kurang memahami hal -hal apa saja yang harus ada dalam sebuah puisi dan aturan – aturan apa saja untuk membuat puisi.

Akan tetapi setelah saya mencoba ternyata memang tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya.

 


0 komentar:

Posting Komentar