23.10.23

Essay 4 : Perilaku Inovatif

 

Membuat Bunga Hias dari Kertas Bekas



                                           

Mata Kuliah                : Psikologi Inovasi

Tugas                           : Berperilaku Inovatif (Essay 4)

Dosen Pengampu        : Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh              : Ira Prastiwi (21310410060)

Fakultas                       : Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Perilaku inovatif atau Innovative Work Behaviour (IWB) adalah perilaku individu yang bertujuan untuk mencapai tahap pengenalan atau berusaha mengenalkan ide-ide, proses, produk atau prosedur yang baru dan berguna di dalam pekerjaan, kelompok atau organisasi. Perilaku kerja inovatif didefinisikan sebagai pembuatan, pengenalan, dan penerapan ide atau gagasan baru dalam pekerjaan, kelompok, atau organisasi untuk meningkatkan kinerja peran individu, kelompok, atau organisasi tersebut (Janssen, 2000).

 

Kerajinan tangan dari bahan tidak terpakai atau bahan bekas adalah suatu keterampilan tangan dalam membuat dan menciptakan suatu produk atau barang yang berasal dari bahan atau barang bekas yang sudah tak terpakai hingga memiliki nilai pakai, bahkan nilai jual.

 

Dalam hal ini saya memanfaatkan sisa kertas tidak terpakai yang menumpuk di kantor, kemudian saya mengubahnya menjadi bunga hias. Adapun bahan-bahan yang saya gunakan yaitu :

1.     Kertas bekas berwarna cokelat, pink & hijau

2.     Bekas ballpoint yang sudah habis (tidak terpakai)

3.     Double tip

4.      Kemasan Snack

5.     Kertas Origami bekas

 

Membuat bunga hias dari kertas bekas.

 

Langkah-langkahnya yaitu dimulai dari melipat kertas berukuran 21 x 6 cm. kemudian kertas digunting-gunting seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu diberi double tipe pada belakang kertas, satukan kertas yang terlipat.

                                                     

Ambil bekas isi ballpoint, rekatkan kertas berwarna coklat muda yang sudah diberi double tipe hingga menjadi batang. Kemudian lilitkan kertas pink dengan batang. Setelah itu, siapkan kertas hijau dan bentuk daun dari kertas tersebut, tempelkan dengan double tipe pada tangkai bunga kertas.


Membuat vas bunga dari kemasan snack. supaya bunga lebih cantik, saya menambahkan vas bunga yang dibuat dari bahan atau barang bekas. Siapkan wadah bekas snack, lapisi wadah snack dengan kertas origami berwarna coklat yang sudah diberi double tip. Hias vas bunga dengan menggunakan renda bekas. Masukkan bunga kertas kedalam vas bunga yang sudah jadi. Bunga hias pun sudah bisa dipakai untuk hiasan meja, hiasan dikamar dan sebagainya.

Kemudian bunga hias dari kertas dan vas nya yang dibuat dari wadah snack bekas ini saya jual di marketplace facebook dengan link penjualan sebagai berikut : https://www.facebook.com/marketplace/item/240175855721087/?mibextid=6ojiHh

 

0 komentar:

Posting Komentar