11.10.23

Essay 4: Perilaku Inovatif

BERPERILAKU INOVATIF

PERILAKU INOVATIF: MEMBUAT KOTAK TISSU DARI KARDUS BEKAS

 


Oleh: 

Rizki Amelia Saputri (21310410035)

 

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta, M.A.

 

Sampah adalah bahan sisa yang dihasilkan oleh aktivitas yang dilakukan manusia pada skala industri, rumah tangga, dan organisasi (Soemirat, 2014). Dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat, dan sampah spesifik adalah sampah yang sifat, konsentrasi, dan volumenya perlu dikelola secara khusus. Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Pada tahun 2016, jumlah kejadian membuang sampah sembarangandi Indonesia mencapai 65,2 juta per tahun (Badan Pusat Statistik, 2018). 

Sampah yang dibuang sembarangan, Alan, menyebabkan kerusakan lingkungan, menimbulkan bau tak sedap, dan berisiko menimbulkan penyakit. Pengelolaan sampah yang baik diperlukan untuk mengurangi pencemaran atau kerusakan lingkungan. Pengelolaan sampah adalah kegiatan sistematis, komprehensif dan berkelanjutan yang melibatkan minimalisasi dan pengelolaan sampah.Pengurangan sampah dapat dilakukan dengan menerapkan pengurangan,penggunaan teknologi ramah lingkungan, melakukan kegiatan daur ulang sampah dan memasarkan produk daur ulangtersebut. 

Perilaku Inovatif saya yaitu menggunakan kardus bekas untuk dijadikan kotak tissu. Kardus bekas ini saya temukan di tempat sampah yang bentuknya belum sama sekali rusak dan mendaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat. Pemanfaatan media yang terbuat dari barang bekas seperti kardus bekas yang sudah tidak terpakai dapat menumbuhkan rasa kreativitas. 

Penggunaan tissu dilakukan dengan mengambil satu persatu pada tempatnya. Jika dilakukan dengan terburu-buru maka tissunya akan berantakan. Dengan demikian sebaiknya diberikan wadah/tempat untuk tetap rapih dan bersih ketika akan digunakan. Dengan memanfaatkan barang bekas ini dengan mendaur ulang kembali menjadi barang yang bermanfaat bisa membuka peluang untuk kita pasarkan di media online. 

Kotak Tissu terbuat dari kardus belas yang di lapisi oleh kertas dari Fotocopy an untuk menutupi permukaan kardus agar terlihat bersih. Dan untuk menambah kreativitas untuk kotak tissunya agar terlihat menarik, ditambahkan kertas gliter agar permukaan kotaknya tidak begitu polos dan bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Dengan mendaur ulang barang belas ini, bisa memasarkan di salah satu platform belanja online. Untuk melihat produknya silahkan klik link di bawah ini. 

https://shope.ee/2L6nBPEx8e

 

 

Referensi

 

 

Aulia, D.C., Situmorang H.K., & Prasetya, A.F.H. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Pesan Jepapah. _Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas),_ 1(1), 62-70.

0 komentar:

Posting Komentar