11.10.23

Essay 2: Meringkas Jurnal Motivasi

PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan)



RAMAHWATI 


NIM: 21310410037


KELAS REGULER

 

DOSEN PENGAMPU: Dr. Dra Arundati Shinta

 

PSIKOLOGI INOVASI

 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

Topik

Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Sosial, Minat Berwirausaha

Sumber

Alifia, Isye Fera & Jojok Dwiridotjahjono.(2019). PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat KabupatenLamongan). Jurnal Bisnis Indonesia, Vol. 10 No. 2 Oktober 2019, 139-154

Permasalahan

Tingginya jumlah pengangguran yang ada di Indonesia (data ketenagakerjaan Indonesia,Agustus 2017) dengan sempitnya lapangan kerja dan banyaknya pencari kerja menyebabkan kondisi ketenagakerjaan tidak seimbang.

Tujuan

Mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha masyarakat dusun beton

motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha masyarakat dusun beton.

lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha masyarakat dusun beton.

Isi

Motivasi Berwirausaha (X1) dan Lingkungan Sosial (Y) secara simultan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha (Y) masyarakat Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan.Hal tersebut sejalan dengan teori yang dipaparkan oleh Bygrave dalam Buchari (2015:11) bahwa minat berwirausaha dipengaruhi oleh fakta personal (aspek kepribadian), faktor environment (aspek lingkungan fisik) dan faktor sociological (aspek keluarga dsb) . Faktor pengaruh tumbuhnya keputusan untuk berwirausaha merupakan hasil dari beberapa faktor yaitu karakter kepribadian seseorang dan lingkungannya (Bygrave dalam Wahyono, 2014). 

 

 

Motivasi Berwirausaha (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha (Y) masyarakat Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Motivasi Berwirausaha (X1) menunjukkan bahwa motivasi sebagai faktor yang paling menonjol dalam mempengaruhi Minat Berwirausaha karena motivasi dapat mendorong, menggerakkan dan mengarahkan seseorang untuk mencapai tujuan tertentu yang disebabkan oleh suatu kebutuhan Suparyadi (2015:417). Hasil analisis regresi linear berganda, terlihat  Motivasi Berwirausaha (X1) memiliki pengaruh yang lebih kuat dibanding Lingkungan Sosial (X2) terhadap Minat Berwirausaha (Y)

 

Lingkungan Sosial (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha (Y) masyarakat Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan terbukti dalam penelitian ini. Lingkungan Sosial (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha masyarakat Dusun Beton. Hasil perhitungan uji t menunjukkan Lingkungan Sosial (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha (Y) masyarakat Dusun Beton. Kondisi Lingkungan Sosial Dusun Beton mayoritas berprofesi sebagai pengusaha konveksi justru menghambat Minat Berwirausaha karena membuat kondisi persaingan juga semakin ketat antar para pengusaha.

Metode

Jenis penelitian kuantitatif, analisisnya pada   data numerikal (angka) yang lebih sistematis, diolah dengan metode statistika.

 

Pengumpulan data kuesioner (angket) yang disebar kepada responden yang menjadi objek dalam penelitian ini (masyarakat Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan) yang berprofesi sebagai wirausahawan (konveksi). Sumber data berupa data primer. 

 

Populasi berjumlah 163,sampel 116 responden. Menggunakan teknik Probability Sampling. Uji prasyarat analisis meliputi uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas, dan uji normalitas.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan: 

(1) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha masyarakat Dusun Beton.

 

(2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha masyarakat Dusun Beton. 

 

(3) Secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha masyarakat Dusun Beton dikarenakan masyarakat tidak serta-merta dapat menerima pengaruh Lingkungan Sosial (faktor eksternal) dalam menumbuhkan Minat Berwirausaha. Dibutuhkan faktor lain untuk menunjang Minat Berwirausaha, terutama dari faktor internal. Motivasi Berwirausaha merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha masyarakat Dusun Beton DesaTritunggal Kecamatan Babat.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar