29.10.23

Essay 4: Perilaku Inovasi

Psikologi Inovasi

Tugas 4 Mengubah Limbah Sendok Plastik menjadi Bingkai Cermin

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Sampah plastik merupakan sampah anorganik    yang sangat    membutuhkan    waktu berpuluh   tahun   untuk   terurai.   Sampah   plastik selalu  menjadi  masalah  utama  dalam  pencemaran lingkungan,  baik  lingkungan  tanah  maupun  air. Padahal  plastik  banyak  ditemukan  di  sekitar  kita karena  harganya  murah  dan  mudah  ditemukan. Plastik  menjadi  unggulan  dikalangan  masyarakat tapi  juga  menjadi  momok  yang  menakutkan  di setiap    belahan    bumi.    Karena    sampah    yang menumpuk sangat mempengaruhi lingkungan (Marodiyah, 2023).

Demirbas (2011) mengemukakan mengelolah sampah   yang   berkelanjutan   untuk   mengurangi jumlah    sampah    yang    dibuang    kelingkungan dengan cara mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. menurut Menurut Ramon   dan   Afriyanto (2015) peran masyarakat   dalam   mengelolah   sampah   sesuaidengan     kemampuan     pribadi     masing-masing. Menurut Subekti (2010)   ada tiga   upaya dalam   mengelolah   sampah   yaitu   melalui   cara 3 R (Reuse, Reduce, dan Recycle) yang merupakan kegiatan mengurangi sampah dengan menggunakan  kembali,  mengurangi  dan  mendaur ulang (Marodiyah, 2023).  

1.     Reuse (menggunakan   kembali):   dengan mengurangi   sampah   dengan   menggunakan   lagi ampah tersebut  apabila  masih  layak  dipakai. 

2.     Reduce (mengurangi): dengan  mengurangi  sampah dengan  cara  mengurangi  penggunaan  barang  yang berpotensi  menghasilkan  sampah  lagi. 

3.     Recycle (mendaur ulang): dengan mengolah sampah menjadi produk lain yang lebih berguna.

Bahkan sendok plastik adalah salah satu sampah yang sering ditemukan berserakan dimana saja. agar sampah tersebut tidak menumpuk dan mencemari lingkungan, saya mencoba untuk membuat kerajinan dari sendok plastik yang bisa saja membuka peluang bisnis, salah santu nya kerajinan cermin dari sendok plastik yang dapat dijadikan dekorasi kamar arau rumah.

Bahan yang di perlukan:

  • Kardus
  • Lem
  • Cermin bulat
  • Gunting
  • 25-30 sendok plastik (jumlah sendok menesuaikan besar cermin)

Langkah pembuatan :

  • Potong-potong sendok plastik menggunakan gunting. Hingga terpisah antara gagang dan bagian cekungnya.
  •  Buatlah 2 ukuran kardus berbentuk bulat. Pertama, potong kardus yang menyesuaikan dengan ukuran cermin bulat yang anda miliki. Kedua, potong kardus dengan diameter yang lebih besar dari kardus sebelumnya.
  • Mulailah berikan lem di belakang sendok. Tempel sendok mulai dari tepi luar lingkaran kardys. Kemudian lanjutkan dengan menempelkan sendok hingga memenuhi pigura yang di buat.
  • Tata sendok sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan beraturan. Jangan sisakan sedikitpun celah.
  • Tahap selanjutnya, tempelkan cermin bulat di tengah dengan lem tembak.
  • Bingkai cermin dari sendok plastik sudah jadi.

Kemudian kerajinan cermin yang dibuat dari bahan dasar sendok plastik ini diperjual belikan di salah satu e-commerce, berikut link penjualan: https://bit.ly/Kerajinancermindaribahandasarsendokbekas

References

Marodiyah, I. (2023). Inovasi Warga dalam Mengelolah Sampah Plastik. Jurnal Abdidas, 4(1).

 

0 komentar:

Posting Komentar