29.10.23

TUGAS ESSAY 4 : PERILAKU INOVASI MUSTIKA FEBRIANI

 

Psikologi Inovasi

 

Tugas 4 Mengubah limbah koran menjadi bingkai foto/lukisan

Mustika Febriani ( 21310410004 )

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 

Sampai saat ini masalah sampah masih saja menjadi persoalan , salah satunya adalah sampah kertas koran bekas. Sebagaimana diketahui bahwa koran selalu di produksi dan dikonsumsi Masyarakat setiap hari, hal ini menyebabkan volume sampah jenis ini relative sangat besar. Padahal berdasarkan penelitian dan pengalaman dari banyak jurnal yang dilakukan dilapangan, kertas koran merupakan material potensial untuk dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk daur ulang.

Pengelolaan sampah hendaknya menerapkan proses-proses, seperti Reduce, Reuse, dan Recycle.

1.       Reduce

Memiliki arti mengurangi sampah. Maksud dari Langkah ini adalah mengurangi penggunaan produk yang nanti berpotensi menjadi sampah.

 

2.       Reuce

Yang berarti menggunakan Kembali. Tahap ini mengajak untuk menggunakan Kembali produk yang sudah terpakai. Dengan menggunakan Kembali maka sampah yang timbul dari produk-produk tersebut berkurang.

 

3.       Tahap terakhir dari konsep 3R adalah Recycle yang berarti mendaur ulang. Langkah ini paling banyak dilakukan mengingat banyaknya sampah tersebar di berbagai lokasi seperti laut, tanah, dan udara. 


Limbah anorganik salah satu diantaranya seperti koran , limbah kertas koran dapat diolah Kembali menjadi produk yang bermanfaat. Saya mencoba membuat kerajinan dari kertas koran yang bisa saja menjadi peluang saya untuk bisnis. Salah satunya seperti gambar diatas yaitu membuat hiasan dinding/album foto.

 

Bahan-bahan yang diperlukan

1.       Kertas koran bekas

2.       Lem

3.       Gunting

4.       Dan tali

 

Langkah pembuatan :

Gunting kertas-kertas tersebut lalu gulung dan berikan lem pada ujung kertas tersebut hungga menjadi gulungan memanjang.

Buat juga gulungan Panjang tersebut dengan bentuk melingkar sehingga terbentuk lingkaran.

Kemudian tata semua gulungan tersebut sesuai ukuran dan sebelum itu siapkan kardus untuk dijadikan media menempelkan kertas-kertas yang sudah digulung tersebut.

 

Dengan Adaya inovasi ini diharapkan dapat mengurangi limbah sampah yang ada dilingkungan. Pemasaran kerajinan ini dapat dijual di marketplace salahsatu nya adalah facebook atau shopee.

 

Link pembelian : https://www.facebook.com/100010006625421/posts/pfbid0VMJ2cZ3CAB68qrmKanNBdSP1iWpcVxTLK86zB1Yypmr815XiQbmAJ2sb4V886o1Ml/?d=w&mibextid=0cALme

0 komentar:

Posting Komentar