5.10.23

essay 4: berperilaku inovatif: Berperilaku inovatif dengan mengubah sampah menjadi cuan

 Berperilaku inovatif dengan mengubah sampah menjadi cuan

Ulvi Isnaini 21310410103

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Sampah merupakan buangan yang dihasilkan melalui proses produksi manusia yang sudah tidak berguna lagi sehingga sampah dianggap sudah tidak penting dan berguna lagi sehingga sampah harus di buang agar lingkungan sekitar terlihat bersih. Mirisnya, sampah banyak yang dibuang secara sembarangan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan kurang perhatian terhadap dampak lingkungan yang dapat ditimbulkan dari sampah yang menumpuk.

Bagi orang-orang yang mempunyai jiwa bisnis dan berkreatifitas tinggi, sampah dapat diubah menjadi peluang penambah penghasilan cuan atau uang bahkan dapat menjadi usaha yang menjanjikan. Bahan-bahan dirumah yang sudah tidak terpakai dan tidak tahu untuk apa dapat dijual kembali dengan harga yang fantastis dengan menambah sedikit kreativitas.

Inovasi dan kreativitas sangatlah berhungan. Berinovasi dengan berani mengambil resiko untuk mencoba hal-hal baru yang inovatif dengan berkarya dan berkreativitas dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjadi role model bagi orang lain untuk berkarya dan dapat memanfaatkan peluang bercuan tanpa merusak lingkungan dan alam.  Berinovasi dari sampah seperti yang dilakukan beberapa orang dapat mengurangi kerusakan lingkungan bahkan dapat menjadi ladang penghasilan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa/i universitas proklamasi 45 Yogyakarta. Para mahasiswa/i ini dapat mengubah sampah menjadi cuan.

Salah satu contoh dari pemanfaatan sampah menjadi cuan yaitu dengan memanfaatkan kotak baterai leptop yang sudah tidak berguna lagi, dapat diubah menjadi kotak tempat pensil. Hanya dengan menambah sedikit hiasan dari stiker momo, kotak yang tidak menarik berubah menjadi kotak pensil yang menarik dan estetik dan bahkan bernilai jual tinggi. Kotak tempat pensil ini dapat di searching di aplikasi shopee dengan link https://shp.ee/3mkp42p

selain dari bekas kardus atau kertas, kreativitas juga dapat diasah dengan membuat kerajinan dari bahan daur ulang atau bahan yang sudah tidak berguna seperti sampah plastik, kaleng, kain perca, potongan kayu atau bambu, bekas otomotif dan lain sebagainya. Dari semua bahan tersebut jika dimanfaatkan dan dikelola dengan benar dapat menjadi ladang cuan yang menjanjikan.

0 komentar:

Posting Komentar