28.10.23

Essay 2 : Meringkas Jurnal Tentang Motivasi_Christoper Gracia Siregar_23310420056

PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Psikologi Inovasi Essay II Meringkas Jurnal
Dosen Pengampu :
Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA


Christoper Gracia Siregar
(23310420056)

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Topik

Insentif, motivasi, harapan, kinerja karyawan, kuantitatif.

Sumber

Sutrischastini, A., Riyanto, A. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gungkidul. Jurnal Kajian Bisnis (JKB). 23(2), Juli 2015, 121-137.

Permasalahan

Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul merupakan instansi pemerintah yang berfungsi untuk membantu Bupati/Wakil Bupati dalam upaya melaksanakan pembangunan daerah Kabupaten Gunungkidul, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Dalam tugasnya membantu Bupati/ Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul para pegawai (individu-individu) di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul memerlukan motor penggerak agar semua pegawai bekerjasama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai target perencanaan pembangunan daerah. Motivasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul dalam melaksanakan tugas abdi negara sangatlah menentukan keberhasilan kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Tujuan Penelitian

·       Mengetahui pengaruh insentif terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Gunungkidul.

·       Mengetahui pengaruh motif terhadap kinerja staf Sekretariat Daerah Gunungkidul.

·       Untuk mengetahui pengaruh harapan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Gunungkidul.

·       Untuk mengetahui pengaruhnya insentif, motif dan harapan terhadap kinerja pegawai Daerah Sekretariat Gunungkidul.

Isi

·       Kesediaan karyawan untuk mencurahkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, tenaga, dan waktunya, sebenarnya mengharapkan adanya imbalan dari pihak perusahaan yang dapat memuaskan kebutuhannya.

·       Kompensasi insentif ini meliputi bentuk pembayaran tunai langsung, pembayaran tidak langsung dalam bentuk manfaat karyawan, dan insentif untuk memotivasi karyawan agar bekerja keras dan juga seharusnya cerdas untuk mencapai produktivitas yang semakin tinggi.

·       Motivasi sebagai suatu keahlian dalam mengarahkan karyawan agar mau bekerja secara berhasil, sehingga mencapai keinginan para karyawan sekaligus tercapai tujuan organisasi. Motivasi yang ada pada diri seseorang merupakan pendorong yang akan mewujudkan suatu perilaku guna mencapai tujuan kepuasan dirinya.

Metode

·       Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer di ambil dari sumbernya dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung antaralain data yang didapatkan dari arsip yang dimiliki organisasi/instansi, studi pustaka, penelitian terdahulu, literatur, dan jurnal yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Data sekunder dalam hal iniantaralain berupa jumlah karyawan, tingkat absensi, dan profil kantor.

·       Studi pustaka atau dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data-data pendukung untuk penelitian yang berupa dokumen-dokumen resmi dari Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

·       Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 162 orang.

Hasil

·       Dapat dijelaskan bahwa variabel bebas motivasi kerja dalam hal insentif mempunyai pengaruh terhadap kinerja di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

·       Dapat dijelaskan bahwa variabel bebas motivasi kerja dalam hal Motif mempunyai pengaruh terhadap kinerja di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

·       Dapat dijelaskan bahwa variabel bebas motivasi kerja dalam hal Harapan mempunyai pengaruh terhadap kinerja di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Diskusi

·       Di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, insentif yang diterima oleh para pegawai secara umum dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu: pertama, insentif dari Pemerintah Pusat, misalnya: berupa gaji ketigabelas yang dicairkan setiap bulan Juni. Kedua, insentif dari Pemerintah daerah,misalnya: pemberian tambahan penghasilan yang tertuang dalam Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Bagi Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

·       Kebutuhan akan berprestasi tinggi merupakan suatu dorongan yang timbul pada diri seseorang untuk berupaya mencapai target yang telah ditetapkan, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan dan memiliki keinginan untuk mengerjakan sesuatu secara lebih lebih baik dari sebelumnya. Pegawai yang mempunyai motivasi kerja sangat menyukai tantangan, berani mengambil risiko, sanggup mengambil alih tanggungjawab, senang bekerja keras. Dorongan ini akan menimbulkan kebutuhan berprestasi pegawai yang membedakan dengan yang lain, karena selalu ingin mengerjakan sesuatu dengan lebih baik.

·       Pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul selama menjadi PNS mempunyai dua harapan yang paling utama, yaitu: pertama, perbaikan gaji pokok ataupun tunjungan-tunjangan dan yang kedua menaikkan jabatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sedangkan kondisi kerja yang baik (seperti: perasaan ikut “terlibat”, pendisiplinan yang bijaksana, penghargaan, loyalitas pemimpin, pemahaman simpatik oleh pimpinan, dan jaminan pekerjaan) merupakan hal-hal yang tidak terlalu dipermasalahkan oleh para pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.


0 komentar:

Posting Komentar