11.10.23

Essay 2 meringkas jurnal motivasi

 

Bijak Berperilaku Hidup Sehat

 


Nama : Nurul Mawaddah

NIM : 21310410028

Psikologi Inovasi

Esai 2 : Meringkas Jurnal Motivasi

Dr., Dra. Arundati Shinta, M. A.

 

Topik

Motivasi hidup sehat dan perilaku bijak terhadap lingkungan.

Sumber

Apriyanti, E. (2021). Hubungan antara Motivasi Hidup Sehat dengan Perilaku Bijak Mahasiswa Terhadap Lingkungan di Masa Pandemi. Journal of Educational Integration and Development (JEID). 1(3), 147-157.

Permasalahan

Ini adalah penelitian Korelasional. Berbagai masalah lingkungan berakar dari perilaku manusia. Hal ini dapat dikelola dengan motivasi untuk mengubah perilaku agar lebih bijak sehingga dapat mengurangi resiko negatif pada lingkungan.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan antara motivasi hidup sehat dengan perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan.

Isi

l  Perilaku bijak terhadap lingkungan merupakan suatu tindakan sukarela dalam berpartisipasi aktif untuk melakukan suatu pekerjaan yang dapat mencegah dampak negatif pada lingkungan.

l  Motivasi merupakan dorongan untuk bertindak terhadap proses perilaku manusia dengan mempertimbangkan arah dan tujuan pencapaian hidup.

l  Kecenderungan untuk bertindak adalah didasari oleh motif maka untuk mencapai tingkat hidup yang sehat harus ada motivasi yang tinggi pada diri orang tersebut.

l  Motivasi hidup sehat ialah suatu usaha yang bertujuan untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani.

Metode

l  Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, yang dimana motivasi hidup bersih pada mahasiswa tinggi karena adanya perilaku bijak terhadap lingkungan.

l  Subjek penelitian sebanyak 30 responden yang didapat dari penyebaran opinioner.

l  Metode yang digunakan pada penelitian yaitu survei di STKIP Pembangunan Indonesia Makassar.

l  Prosedur sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data dalam penilitian juga dikumpulkan dengan metode opinioner. Teknik analisis data dengan menggunakan uji korelasi product-moment.

Hasil

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi hidup sehat dengan perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan, yang berarti semakin tinggi motivasi hidup sehat maka akan semakin baik pula perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungannya.

Diskusi

Tidak semua orang memiliki perilaku bijak terhadap lingkungannya. Untuk melakukan tindakan tersebut harus mempunyai inisiatif sukarela untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Pada lingkungan kampus dapat selalu ditekankan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan mengajak dan memberikan motivasi pada mahasiswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Memberikan pemahaman tentang dampak yang akan dialami jika tidak dapat berperilaku bijak terhadap lingkungan. Maka dari hal tersebut akan membangkitkan motivasi mahasiswa untuk dapat berperilaku lebih bijak terhadap lingkungan sekitarnya.

 

0 komentar:

Posting Komentar