30.10.23

Essay 2 Meringkas Jurnal Motivasi

 

Meringkas Jurnal “Motivasi hidup sehat, perilaku bijak terhadap lingkungan, pro energi, pro kebersihan, go green”

Muhammad Nurul Yulianto

23310420076

Psikologi Inovasi

Essay 2 Meringkas Jurnal Motivasi

Dosen Pengampu Dra. Arundati Shinta, M.A.



 

Topik

Motivasi hidup sehat, perilaku bijak terhadap lingkungan, pro energi, pro kebersihan, go green

Sumber

Apriyanti, Eka., Hubungan antara Motivasi hidup Sehat dengan Perilaku Bijak Mahasiswa Terhadap Lingkungan Dimasa Pandemi Covid., JEID Volume I, Nomor 3, 2021., Makasar

Perma- salahan

Ini adalah penelitian dengan deviasi positif. Permasalahan pada umumnya adalah deviasi negatif. Komunitas perempuan di Kota Batu Malang, telah berhasil mengolah sampah secara ramah lingkungan. Dampaknya, jumlah sampah di lingkungan tersebut menjadi minim. Selain itu, komunitas perempuan juga bisa menciptakan komoditas ekonomi dari sampah yang bisa menolong situasi ekonomi keluarga.

Tujuan penelitian

Untuk mendeskripsikan gerakan ekofeminisme dalam kegiatan mengolah sampah level rumah tangga.  

Isi

·         Perilaku bijak terhadap lingkungan merupakan istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi perilaku seseorang dalam melakukan sebuah pekerjaan (Robbins & Judge, 2015).

·         Pandemi covid 19 telah memunculkan permasalahan lingkungan hidup dengan meningkatnya penggunaan masker, hand sanitizer, desinfektan hingga alat pelindung diri (APD). Sampah ini harus dibuang sesuai dengan protokol kesehatan agar tidak mengganggu lingkungan. Motivasi mengarahkan perilaku pada tujuan tertentu atau penggerak perilaku (the energizier of behaviour).

·         Motivasi merupakan dorongan untuk bertindak terhadap serangkaian proses perilaku manusia dengan mempertimbangkan arah, intensitas, dan kegigihan pada pencapaian tujuan yang mencakup aspek fisik, mental, dan sosial.

·         Kondisi sehat tidak tergantung pada keadaan sosial dan faktor lingkungan serta ketahanan individu terhadap penyakit, tetapi juga tergantung pada keadaan psikologi masing-masing individu. dan rohaniah. Apabila hal itu dapat diwujudkan maka itu adalah suatu keunggulan.

·         Motivasi hidup sehat dapat dipandang sebagai pemenuhan dua kebutuhan, yaitu kebutuhan untuk mancapai derajat kesehatan yang tinggi dan kebutuhan untuk menghindari dari kegagalan mancapai tingkatan hidup sehat. Individu yang mempunyai motif berhasil yang tinggi memiliki sifat-sifat sebagai berikut; 1) menyukai pekerjaan yang menuntut kemampuan dan usaha dan diri sendiri;2) memiliki partisipasi yang baik terhadap aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan; dan 3) selalu ingin mengetahui hasil dari usaha yang dilakukannya.

Metode

·         Penelitian menggunakan pendekatan korelasional dan metode yang digunakan yaitu survei. Lokasi penelitian di STKIP Pembangunan Indonesia Makassar.

·         Penelitian dilaksanakan pada bulan April – Juni 2021. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia Makassar pada semester genap 2020/2021. Prosedur sampling yang digunakan adalah simple random sampling.

·         Penelitian mempunyai dua variabel yaitu variabel terikat perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan dan variabel bebas motivasi hidup sehat.

·         Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode opinioner. Teknik analisis data dengan menggunakan uji korelasi product-moment

Hasil

·         Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,171>0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal.

·         Berdasarkan hasil uji linearitas diketahui nilai sig. deviation from linearity 0,303>0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedua variabel linear.

·         Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 22 dengan teknik korelasi Pearson product- moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi Eka Apriyanti JEID: Journal of Educational Integration and Development Vol. 1, No (3), 2021 156 r sebesar 0,515 dengan p = 0,020 (p < 0,05), menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi hidup sehat dengan perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan, artinya pesemakin tinggi motivasi hidup sehat maka akan semakin baik pula perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti.

·         Setiap orang mempunyai kebutuhan untuk hidup sehat sehingga mendorong seseorang berperilaku untuk mencapai suatu tujuan berdasarkan kebutuhan tersebut. Kebutuhan untuk hidup sehat menjadi salah satu pendorong bagi individu memiliki perilaku bijak terhadap lingkungan diantaranya pro terhadap kebersihan diri dan lingkungan.

Diskusi

·         Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi hidup sehat dengan perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan, artinya semakin tinggi motivasi hidup sehat maka akan semakin baik pula perilaku bijak mahasiswa terhadap lingkungan.

·         Perlunya penigkatan motivasi hidup sehat dengan memberikan materi maupun seminar terkait hal tersebut.

·         Perilaku bijak  pada lingkungan juga nantinya akna menekan sampah yang ada dilingkungan sekitar menjadi lebih sedikit sampah yang dihasikan.

0 komentar:

Posting Komentar