29.10.23

Essai 4 Berperilaku Inovatif Membuat Hiasan Dinding dari Bekas Tusuk Sate

 

Essai 4 Berperilaku Inovatif

Membuat Hiasan Dinding dari Bekas Tusuk Sate

Nisa Nur Lathifah

21310410068

Kelas Sabtu Pagi

Dosen Pengampu  Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

            Sampah merupakan hasil sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam dalam bentuk padat. Sampah seringkali menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Sampah dapat berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan karena sebagai vector penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

            Banyak masyarakat yang masih belum memiliki kesadaran untuk peduli baik pada dirinya sendiri maupun pada lingkungan karena masih membuang sampah sembarangan. Ada juga yang belum memilah sampah sebelum membuangnya. Seperti berita yang kita ketahui saat ini bahwa TPS yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami penumpukan sampah, sehingga mengalami penutupan yang menyebabkan beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab membuang sampah di jalan.

            Oleh karena itu, penulis berupaya untuk berperilaku inovatif dengan mengolah sampah menjadi barang yang bernilai dan bagus, yaitu dengan mengolah sampah sisa tusuk sate menjadi hiasan dinding yang cantik. Tujuannya adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk lebih bijak dan berkreasi dalam mengelola dan mengolah sampah.

·         Bahan dan Alat :

1.      Sampah Tusuk sate yang sudah dibersihkan

2.      Kertas bekas/kertas koran/kertas buffalo

3.      Lem tembak + alatnya (kalau tidak ada bisa menggunakan lilin)

4.      Kardus bekas

5.      Spidol hitam

6.      gunting

 

·         Langkah pembuatan :

1.      Buat lingkaran pada kardus bekas sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu gunting kardus yang sudah dilingkari.

2.      Tempelkan tusuk sate yang sudah dibersihkan pada kardus yang berbentuk lingkaran menggunakan lem tembak. Atur jarak antar tusuk sate sesuai dengan yang diinginkan.

3.      Gunting kertas buffalo sehingga berbentuk seperti daun sirih, lalu tempel dengan jarak yang diinginkan pada tusuk sate menggunakan lem tembak, atur posisinya sebaik mungkin.

4.      Buat tulisan sesuai yang diinginkan dengan spidol pada bagian tengah hiasan atau pada kardus yang berbentuk lingkaran.

5.      Tempelkan pada dinding kamar Anda, hiasan dari tusuk sate siap mempercantik kamar Anda.

Mulai dari diri sendiri dan Langkah kecil untuk membantu mengurangi sampah yang mencemari lingkungan. Cintai bumi dan alam di sekitar kita untuk hidup lebih sehat. Untuk mendapatkan produk cantik tersebut, Anda dapat mengunjungi link dibawah ini, terimakasih.

https://shp.ee/zbhdxr5



0 komentar:

Posting Komentar