30.10.23

Essay 4 Berperilaku Inovatif

 

Membuat Gantungan Kunci dari Kain Perca

Muhammad Nurul Yulianto

23310420076

Psikologi Inovasi

Essay 4 Berperilaku Inovatif

Dosen Pengampu Dra. Arundati Shinta, M.A.

 



Salah satu teori kebutuhan Maslow yang paling dasar yaitu kebutuhan akan pemenuhan  pakaian. Dimana pada saat ini trend mode fashion sudah semakin meningkat. Dengan begitu semakin banyak pula  pakaian yang akan dbuat oleh suatu industry fashion tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri semakin banyak perusahaan baik skala besar maupun kecil yang mencoba peruntungan pada bidang ini. Semakin banyak pula pabrik maupun produk UMKM yang mulai melirik dalam pembuatan pakaian. Ditamabah semakin banyaknya penduduk yang ada di Indonnesia, maka semakin banyak pula oang-orang yang membutuhkan  pakaian sebagai pemmenuhan kebutuhannya.

Tidak ada yang salah dalam pemunuhan kebutuhan untuk diri sendiri, termasuk  pemunuhan kebutuha pakaian. Semabagai masyarakat konsumen ada baiknya kita bijak dalam meilih dan juga menggukan pakaian sehingga ketika sudah tidak muat dipakai bisa dimanfaatkan untuk lainnya. Begitu juga sebagai produsen. Akan banyak sekali limbah yang ada dalam setiap produksi pakaian yang nantinya akan dijual.  Jika tidak bijak dalam pengolahan limbah, makan akan semakin menumpuk limah kain perca dari seiap pembuatan pakaian ini.

Saya melihat pada sala satu perusahaan dengan memiliki pabrik kaos sendiri di Yogyakarta memiliki limbah yang cukup  banyak. Meskipun kain perca tersebut biasanya dibeli olah beberapa pengepul untuk digunakan sebagai bahan-bahan seperti pembuatan keset. Akan tetapi saya mencoba untuk membuat gantunan kunci untuk lebih menambah nilai jual dari kain perca tersebut.



Kain perca sendiri merupakan kain kecil yang berupa sisa potongan dari pembuatan baju  dalam hal ini merupakan kaos. Kain perca yang berbentuk panjang ini saya sesuaikan ukuran dan juga padupadankan warnanya untuk selanjutnya dibuat menjadi gantungan kunci. Dengan kemampuan saya dalam berkreasi dan berkreaifitas, maka saya  menjadikan kain perca ini  sebagai gantungan kunci. Dengan menambahkan ring untuk gantungan maka akan menjadi gantungankunci yang cantik dengan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Proses pemuatan yang cukup rumit tetapi bisa dipelajari secara langsung akan memberikan nilai esttetika ang tinggi dan juga nilai jual yang lebih mahal. Selain bisa mengurangi limbah kain perca, nantinya juga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar dengan memberdayakannya dalam proses pembutan.

Ganungan kunci bisa dijual di platform oline seperti shopee yang nantinya bisa dibeli oleh setiap orang dimanapun berada. Harga jual gantungan kunci cantik ini bisa didapatkan dengan harga 10.000 satu pcs. Sehingga juga tetap terjankau bagi semua kalangan. Selain itu pula gantungan kunci juga bisa di produksi masal yang dapat digunakan untuk souvenir pernikahan. Yang pastinya ketika produksi masal maka akan menpadatkan harga lebih murah dan juga bisa memberdayakan orang sekitar sehingga juga bisa memberikan pencaharian bagi orang lain di  lingkungan sekitar.

Link shopee https://shope.ee/8pKkh8QEKd


 

0 komentar:

Posting Komentar