11.10.23

Essay 2: Meringkas Jurnal Motivasi

 MERINGKAS JURNAL TENTANG MOTIVASI

MOTIVASI DAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA




Tugas 2: Meringkas Jurnal

Oleh:

Qoyyimah Sofiati (21310410036)

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Arundati Shinta, M.A.



Judul

Motivasi dan Kreativitas Berwirausaha

Jurnal

Journal of Creative Student Research (JCSR)

Volume & Halaman

Vol.1, No.2 Hal 14-24

Tahun

2023

Penulis

Tri Winda Saputri, Fenty Zahara Nasution, dan Arbana Syamantha

Ringkasan Jurnal

Kewirausahaan merupakan kemampuan seseorang dalam melihat dan mengevaluasi sebuah peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk dimanfaatkan, dan mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan keberhasilan (Meredith, 2005). Kewirausahaan adalah isu yang penting dalam perekonomoian negara berkembang. Tujuan berwirausaha memiliki berbagai macam motivasi hanya saja yang paling umum adalah agar mendapatkan sebuah reward (Sunarya, et al., 2011).

Motivasi adalah sebuah dorongan berdasarkan diri seseorang yang mendorong seseorang tersebut melakukan sesuatu salah satunya sebagai young entrepreneur (Sarosa, 2005). Motivasi pada kewirausahaan mencakup motivasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan dari kewirausahaan seperti tujuan yang melibatkan sosialisasi dan pendayagunaan terhadap peluang bisnis (Baum, Frese & Baron, 2007). Menurut McClelland (1961) bahwa orang dengan motivasi berprestasi tinggi lebih menyukai tugas yang membutuhkan keterampilan dan usaha, memerlukan umpan balik, dan tidak terlalu sulit. 

Menurut M Csikszentmihalyi (dalam Mullan & Kenworthy, 2016), “kreativitas adalah aktivitas, ide, atau produk apa pun yang mengubah domain yang ada atau mengubah domain yang ada menjadi yang baru”. Kreativitas jelas merupakan sebuah bagian integral dari keterampilan wirausaha yang diperlukan untuk memulai bisnis yang sukses (Pretorius, Millard, & Kruger dalam Baldacchino, 2009).

Beberapa faktor utama yang mempengaruhi kreativitas wirausaha, yaitu:

1.     Faktor Psikologis

a.     Kognitif

b.     Motivasi

c.     Intelijen

2.     Faktor Lingkungan

a.     Persyaratan lingkungan

b.     Keterbukaan terhadap pengalaman dan rangsangan menurut luar atau pada diri individu. 

Adapun konsekuensi dari kreativitas yang harus dihadapi seorang wirausahawan yaitu sosial (kasar, mandiri, percaya diri tinggi, dan kepribadian kuat), bisnis (persepsi risiko dan kreativitas).

Motivasi seseoang dalam berwirausaha dapat diungkapkan dalam empat motivasi yaitu sebagai berikut:

1.     Keuntungan; mampu menentukan jumlah keuntungan yang diinginkan, jumlah keuntungan yang akan diperoleh dan berapa yang akan dibayarkan kepada pihak lain atau karyawan.

2.     Kebebasan; manajemen waktu luang, bebas dari bos atau atasan, kendala dan budaya organisasi atau sebuah Perusahaan.

3.     Mimpi pribadi; kekebasan untuk mencapai sebuah taraf hidup yang diharapkan, bebas dari rutinitas kerja yang repetitive karena harus mengikuti visi, misi, serta Impian orang lain.

4.     Kemandirian; suatu kebanggan ketika bisa mandiri dalam segala hal seperti modal, mandiri dalam manajemen atau kepemimpinan, mandiri dalam kontrol.

Keberhasilan sebuah usaha diharapkan mampu ditingkatkan lagi dengan memperbaiki jiwa kewirausahaan dan kompetensi wirausaha setiap pengusaha dengan mengikuti pelatihan seperti pelatihan UMKM demi meningkatkan pengetahuan sehingga para pengusaha lebih memanfaatkan pengetahuan dari kompetensi dalam usaha dan memanfaatkan jiwa kewirausahaan dalam menjalankan usahanya untuk menghadapi bisnis yang selalu mengalami perubahan secara cepat. Selain itu menambah pengatahuan dalam menjalankan usahanya seperti tidak cepat merasa puas dengan hasil yang sekarang.

 

Daftar Pustaka

Saputri, T. W., Nasution, F. Z., & Syamantha, A. (2023). Motivasi dan kreativitas berwirausaha. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 14-25.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar