11.10.23

Essay 1: Meringkas Film YouTube

MERINGKAS FILM YOUTUBE

NOT BROKEN (2020)





Tugas 1: Meringkas Film Youtube tentang Motivasi

Oleh:

Qoyyimah Sofiati (21310410036)

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta, M.A.


Film Not Broken merupakan sebuah drama keluarga yang menginspirasi. Film Not Broken disutradarai oleh Lauren Havel. Dibintangi oleh Anne Marie Ryan, Natalie King, dan Kyra Wilson. Film ini dipersembahkan oleh Bridgestone Multimedia Group (BMG Global) yang dibentuk pada awal tahun 1990-an di California Selatan. 

Film Not Broken menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang bernama Winter Knight. Sejak kecil, ibunya (Olivia Knight) sangat berupaya keras mengajarkankan Winter dalam sistem pendidikan konvensional, mencoba mengajari tentang angka dan huruf namun Winter tidak tertarik. Winter tidak mampu menyelesaikan tugas sekolah, membaca dengan buku terbalik, tidak bisa mengingat tentang apa yang dipelajari, dan juga Winter gagal dalam ujian mengeja di sekolahnya. 

Kondisi yang dialami Winter lantas membuat ibunya cemas dan membawa Winter ke seorang Neuropsikolog. Setelah diperiksa, Winter dinyatakan menderita Disleksia berat. Winter Knight didiagnosa Disleksia berat pada saat usia Sembilan tahun yang membuatnya memiliki gangguan defisit perhatian sedang kecepatan pemrosesannya sangat rendah, dan kemampuan motoric halusnya yang juga tidak baik. Namun sisi positifnya, Winter memiliki IQ yang sangat tinggi. Meski Winter sangat berbakat dalam karya seni, namun ibunya mencoba mengubur bakat, semangat dan impian Winter. 

Saat usia 18 tahun, Winter berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. Namun ia tetap kesulitan dalam bekerja. Ketika mendapatkan pekerjaan disebuah kedai kopi, dia kesulitan dalam menuliskan nama pelanggan sehingga ia menggambar wajah para pelanggannya, itu terlihat menarik dan membuat Winter bisa terhubunga dengan orang lain. 

Bagian yang cukup mengharukan adalah ketika Winter bertemu dengan seorang tua yang bernama Margaret. Ia juga menderita sebuah penyakit. Winter selalu menghampiri Margaret karena tidak memilih seorang teman untuk tinggal bersama. Keakrabannya dengan Margaret membuat Winter mulai menemukan tujuan hidupnya yang selama ini ia hindari. Ketika Margaret meninggal, Winter bertemu dengan putrinya yang merupakan seorang curator seni. Kehadiran putri Margaret menjadi jalan bagi Winter memulai kembali karirnya dan pada akhirnya ibu Winter merasa bersalah dan mengizinkan Winter melanjutkan pilihannya fokus pada dunia seni yang sangat ia cintai.

Kekurangan: Ada alur cerita yang terabaikan, ketika Winter bersama ibunya membahas karir Winter kedepannya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Bagian ini tidak dikisahkan dan terkesan melompat pada bagian selanjutnya. Kemudian, pada bagian Margaret yang mendapat telepon dari dokter lalu besoknya tiba-tiba Margaret terkena stroke dan meninggal. Bagian ini tidak diceritakan secara dalam tentang apa yang dialami Margaret.

Kelebihan: karakter yang dimainkan para tokoh sangat baik dan menginspirasi. Soundtrack yang digunakan cukup mengharukan. Film ini cocok untuk semua kalangan masyarakat.

Pesan yang diambil:

1.     Pentingnya untuk tidak menyerah ,

2.     Memberikan harapan pada mereka yang berjuang,

3.     Pentingnya persahabatan,

4.     Perbedaan menjadikan sesuatu lebih istimewa,

5.     Mendukung bakat dan kemampuan orang lain.



DAFTAR PUSTAKA

EncourageTv. (2022, Agustus 5). Not broken (2022) Full Movie | Family Movie | Inspirational Drama. https://www.youtube.com/watch?v=sCwxAxeTymc

Lestari, Y., Elhefni., & Wibowo, D. R. (2023). Analisis kesulitan membaca bagi anak berkebutuhan khusus (disleksia). Auladuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasa Ibidaiyah, 5(1), 76-86.


0 komentar:

Posting Komentar