11.10.23

BERPERILAKU INOVATIF MENYULAP STICK ICE CREAM MENJADI BARANG BERMANFAAT

 


BERPERILAKU INOVATIF MENYULAP STICK ICE CREAM MENJADI BARANG BERMANFAAT

Essay 4 Psikologi Inovasi

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Sampah adalah segala jenis material atau barang yang tidak lagi memiliki nilai atau manfaat ekonomi yang signifikan bagi pemiliknya dan dibuang karena dianggap tidak berguna atau telah mencapai akhir pemakaiannya (Sekar, 2018). Sampah mencakup berbagai jenis bahan, termasuk plastik, kertas, logam, kayu, makanan, dan banyak lagi.

Sampah dari stick es krim merupakan salah satu contoh sampah sekali pakai yang semakin umum ditemui. Stick es krim ini biasanya terbuat dari kayu. Ketika orang menggunakan stick es krim, mereka seringkali membuangnya setelah selesai makan, tanpa mempertimbangkan akibat lingkungan dari tindakan tersebut. Stick es krim yang dibuang tanpa didaur ulang menjadi masalah lingkungan yang serius seperti dapat mencemari lingkungan yang ada di sekitar kita. Penting untuk meningkatkan kesadaran tentang permasalahan inin, untuk itu adapaun solusi atau upaya yang Saya lakukan ialah menyulap barang bekas (sampah) stick ice cream menjadi sebuah karya dan dapat dijual belikan pada masyarakat umum. Saya membuat karya pesawat mainan atau juga bisa menjadi sebuah hiasan di dalam rumah. Hal ini Saya lakukan karena dengan adanya tujuan yaitu ingin melestarikan lingkungan, dengan mendaur ulang sampah dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir, yang dapat mencemari tanah, air, dan udara.

Alat dan bahan yang sangat mudah dicari menjadi sebuah peluang untuk menghasilkan sebuah karya yang kreatif dan inovatif tentunya. Pesawat mainan atau hiasan pesawat ini cukup memerlukan alat dan bahan seperti : sampah stick ice cream, sampah tutup botol, lem, dan gunting yang kemudian disusun sedemikian rupa sehingga membentuk pesawat. Cukup simple, klasik dan unik. Peluang ini Saya ambil untuk dijual barang tersebut ke toko online yaitu Shopee, hal ini menjadi salah satu cara yang populer dan efektif untuk memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan menghasilkan uang tambahan. Harga yang Saya tawarkan sangat terjangkau yaitu Rp10.000/biji. Berikut gambar dari barang yang Saya buat :

Link penjualan di Shopee : https://shp.ee/pbhyph2


 

 

 

Referensi :

Sekar Ayuning Thias, S. (2018). Praktik Bagi Hasil Daur Ulang Sampah Pada Bank Sampah Sejahtera Kelurahan Kalidoni Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

0 komentar:

Posting Komentar