7.10.23

essay 1: review film youtube: aladdin

 

Tugas Essai 1 Mereview Film

Psikologi Inovasi

Aladdin

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta



Topik

Perjuangan seorang putri kerajaan yang diremehkan oleh ayahnya (Sultan Kerajaan Agrabah) untuk menjadi seorang pemimpin kerajaan.

Sumber

Aladdin | Full movie | 02:10:00

https://hotstar.com/id/movies/aladdin/1260014815

Ringkasan

·         Jasmine adalah seorang Putri tunggal dari seorang sultan di kerajaan Agrabah. Sejak kematian ibunya, ayahnya sangat protektif kepada jasmine dikarenakan ia adalah putri satu-satunya di kerajaan tersebut.

·         Ayahnya yang sudah semakin tua, berkeinginan untuk menikahkan Jasmine dengan kerajaan lain supaya ia bisa segera mewariskan kerajaannya.

·         Tekad Jasmine untuk menjadi pemimpin kerajaan dipatahkan oleh suatu tradisi bahwa perempuan tidak boleh memegang tahta kerajaan, di  sisi lain seorang wazir sultan berusaha untuk merebut tahta sang sultan dan menguasai kerajaan dengan menghalalkan cara apapun salah satunya dengan bantuan lampu ajaib.

·         Dalam perjuangannya untuk memimpin kerajaan, Jasmine ditemani oleh pria bernama Aladdin yang membantunya untuk mengalahkan Jafar sang wazir sultan yang licik.

·         Jafar mempunyai niat buruk untuk menghacurkan kerajaan dengan cara memakai kekuatan jin dari lampu ajaib yang bisa mengubulkan tiga permintaan. Namun, sayangnya lampu tersebut sudah dimiliki oleh Aladdin terlebih dahulu, sehingga Jafar berusaha untuk merebutnya kembali.

·         Dengan kelicikannya Jafar berhasil merebut lampu ajaib tersebut, sehingga Jasmine beserta ayah (sang sultan) dan para pengikut kerajaan berada dalam masalah besar.

·         Jasmine dibungkam oleh Jafar, dengan kekuatan lampu ajaib yang dimilikinya. Sehingga Jasmine berusaha keras untuk melawan kekuatan ghaib dari lampu tersebut dengan tekadnya yang kuat.

·         Disaat semua pengikut kerajaan tunduk pada Jafar, Jasmine mencoba untuk menaklukan hati sang penasihat kerajaan agar bisa berpihak padanya. Usaha Jasmine gagal dikarenakan Jafar menggunakaan kesaktian dari lampu ajaib tersebut untuk mematikan penasihat kerajaan.

·         Usaha Jasmine kembali di gagalkan oleh Jafar dengan cara membuat sang sultan menderita hingga akhirnya Jafar mengancam jika ingin Sang Sultan selamat maka Jasmine harus bersedia untuk menikah dengannya.

·         Dengan akal cerdas Jasmine berhasil merebut kembali lampu tersebut, namun usahanya masih gagal karena Jafar menggunakan kesaktiannya untuk mengambil lampu itu kembali.

·         Hingga pada akhirnya Jasmine dan Aladdin berhasil mengelabui Jafar dengan kesombongannya sehingga Jafar masuk dalam perangkapnya sendiri.

·         Dengan segala keberanian Jasmine dan tekadnya begitu kuat dalam menjaga kerajaan hingga akhirnya ayahnya (Sang Sultan) mulai luluh dan menjatuhkan tahtanya kepada Jasmine. 

Permasalahan

Dikarenakan ketakutan seorang ayah untuk putrinya, maka Sang Sultan belum mempercayai jikalau jasmine yang harus memimpin kerajaan. Ayahnya khawatir apabila terjadi sesuati di masa kepemimpinan putrinya, selain itu belum pernah ada seorang perempuan yang menjadi pemimpin kerajaan selama 1000 tahun kerajaan tersebut berdiri. Di sisi lain ada seorang Wazir Sultan yang berusaha untuk merebut tahta kerajaan dengan cara kotor.

Opini saya

Sebuah usaha jika memang benar ditekuni dengan tekad yang besar maka akan membuahkan sebuah hasil dari proses yang telah dilalui walaupun sebesar apapun rintangannya. Hal ini bisa menjadi pelajaran khusunya untuk saya pribadi agar terus berusaha dan jangan patah semangat dengan segala rintangan apapun, karena suatu kegagalan bisa menjadi sebuah keberhasilan jika kita mau mencoba bangkit dari kegagalan yang kita alami.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar