11.10.23

Essay 1: Meringkas Film YouTube

ESSAY 1 PSIKOLOGI INOVASI MERINGKAS FILM YOUTUBE 

FORREST GUMP (1994)

DEA KHAIRUN NISA

21310410082



 Dosen pengampu: Dr, Arundati Shinta, M.A. 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 Yogyakarta

 

 


 

Topik

keterbatasan intelektual dan fisik bukan suatu halangan bagi seseorang untuk mencapai sesuatu walaupun banyak sekali rintangan dan tantangan yang harus di hadapi asalkan memiliki tekat yang kuat serta keberanian untuk menghadapinya, faktor dukungan dari lingkungan juga sangat berpengaruh serta keteguhan diri untuk yakin kepada diri sendiri dan sadar akan kemampuan dlam diri sendiri.

 

Sumber

https://tv.idlixplus.net/movie/forrest-gump-1994/

 

Ringkasan

rata-rata yang hidup dalam berbagai periode sejarah Amerika. Meskipun memiliki keterbatasan intelektual, Forrest memiliki hati yang besar dan tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya.

Kisahnya dimulai dengan Forrest menceritakan kembali kisah hidupnya kepada orang-orang yang duduk di sebuah halte bus. Dia lahir dengan cacat kaki, tetapi berkat dukungan ibunya yang penyayang (dimainkan oleh Sally Field), dia berhasil mengatasi keterbatasan fisiknya dan bahkan berlari dengan cepat.

Forrest Gump mengalami berbagai pengalaman selama hidupnya, termasuk berpartisipasi dalam Perang Vietnam, bermain pingpong dengan tingkat keahlian luar biasa, menjadi seorang pemain bisbol yang sukses, berinvestasi dalam saham Apple, dan membuka restoran pinggir jalan bernama "Bubba Gump Shrimp Company" setelah temannya Bubba tewas dalam perang.

Selama perjalanan hidupnya, Forrest Gump juga mencintai seorang wanita bernama Jenny (dimainkan oleh Robin Wright),yang merupakan teman masa kecilnya. Jenny memiliki kehidupan yang sulit dan berjuang melawan berbagai masalah, tetapi dia selalu memiliki tempat spesial di hati Forrest.

Film ini menggambarkan bagaimana Forrest Gump secara tak terduga memengaruhi sejarah Amerika, menjadi saksi beberapa peristiwa bersejarah, dan akhirnya menemukan makna dalam hidupnya melalui cintanya kepada Jenny dan keberhasilannya dalam bisnis. Film ini juga mengeksplorasi tema-tema seperti persahabatan, cinta, keberanian, dan keteguhan hati.

 

 

Permasalahan

keterbatasan intelektual, dimana orang orang yang memiliki keterbatasan secara intelektual dan fisik sering di anggap sebelah mata, mereka mendapatkan lebih banyak tantangan dan permasalahan dalam berbagai aspek kehidupan. mulai dari interaksi sosial maupun pekerjaan. selain itu, perubahan sosial dan budaya yang terjadi selama beberapa dekade, termasuk perubahan dalam norma sosial, politik, dan teknologi. Ini menciptakan konflik dalam cerita saat karakter-karakter berhadapan dengan perubahan ini.

 

Opini saya

 

•           suatu kekurangan bukannya momok atau alasan untuk kita merasa bahwa tidak dapat berkembang dan berguna bagi orang lain. justru terkadang kekurangan tersebut bisa membawa kita pada kesuksesaan. saya perna mendengar seseorang berkata seperti ini “kelebihanmu adalah kekuranganmu, begitu juga sebaliknya kekuranganmu adalah kelebihanmu”

•           masih banyak sekali orang-orang yang tidak berfikir seacara rasional dan masih menganggap kekurangan adalah sesuatu yang terkutuk, kekurangan adalah suatu momok yang memalukan dan dapat menghambat suatu pekerjaan. masih banyak orang yang belum sadar dan mengerti sepenuhnya mengenai cara menghargai orang lain.

•           setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, entah itu kelebihan pada aspek intelektual atau akademik, kelebihan pada ketrampilan seni dan lain sebagainya. jadi, kita tidak harus memiliki kelebihan pada semua bidang tersebut. sadari akan kelebihan masing-masing dan coba untuk mengemangkannya. 

 

0 komentar:

Posting Komentar