11.10.23

essay 4: berperilaku inovatif: Membuat Box Serbaguna dari Kardus

 

Membuat Box Serbaguna dari Kardus

Psikologi Inovasi

Tugas 4 Berperilaku Inovatif

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta



Dampak dari negatif sampah yang ditimbulkan selalu menjadi momok yang menakutkan, karena selain menurunkan higenitas serta kualitas lingkungan, keberadaan sampah juga memunculkan banyak masalah sosial yang sangat pelik dari berbagai pihak. Tak jarang, sampah sering dipandang sebelah mata maupun diremehkan, padahal adanya sampah tidak haru serta merta kita buang dengan sedikit kreativitas serta kerja keras sampah yang tadinya tidak layak terpakai/tidak berguna bisa menjadi barang pakai yang memiliki nilai manfaat dan jika ingin memperoleh keuntungan juga bisa dengan berjualan dari hasil sampah yang telah dikreativitaskan, maka dari itu disini penulis mengambil langkah inovatif yaitu mengubah sampah yang tidak memiliki nilai bisa menjadi barang yang berguna dan bisa diperjualbelikan.

Pada hal ini penulis memilih untuk membuat box serbaguna yang terbuat dari kardus, guna mengurangi jumlah sampah plastik yang juga sering menjadi masalah karena sulit terurai. Penulis mengambil masalah ini dari lingkungan sekitar yang sering sekali banyak membuang banyak sampah plastik seperti bubble wrap untuk mengemasi barang, memang penggunaan bubble wrap sangatlah baik untuk melindungi barang, namun pemakaian yang berlebihan akan menimbulkan banyak sampah plastik yang akan menumpuk dikarenakan masa pakai bubble wrap  hanya sekali pakai saja, selain sampah plastik limbah kardus atau sampah kardus juga banyak sekali yang tak terpakai padahal penggunaan kardus ini bisa digunakan berkali-kali jika dimanfaat dengan baik dan benar, maka dari itu penulis menggabungkan kedua masalah tersebut dengan mendaur ulang kembali sampah kardus dalam mengurangi jumlah penggunaaan sampah plastik.

Kardus juga sering menjadi kebutuhan apabila kita ingin membuat kado, mengemasi paket barang atau untuk menaruh barang, dan lain-lain. Kebutuhan inilah yang membuat penulis berinovasi agar kardus tersebut bisa digunakan kembali untuk barang yang bermanfaat dan dikarenakan ini bisa menjadi kebutuhan yang umum maka kardus yang sudah dirubah ini pun bisa juga diperjual-belikan. Disini penulis membuat potongan kardus menjadi box dengan dilapisi kertas scraf agar terlihat seperti yang baru lagi, sehingga tidak mengurangi harga penjualannya.

Cara membuatnya juga mudah dan bisa ditiru siapapun yang ingin berbisnis dengan menggunakan sampah kardus ini, yaitu dengan cara:

·         Membuat pola kardus yang sudah tidak terpakai agar menjadi sebuah box

·         Tempelkan kertas scraft dengan lem kertas pada seluruh sisi kardus

·         Guntung hasil dari pola kardus yang sudah dibuat

·         Buatlah lubang sedikit panjang agar sisi pinggir kardus bisa tersusun menjadi kotak

·         Masukan sisi kardus pada lubang yang sudah dibuat

·         Setelah kardus dimasukan maka akan terbetuka menjadi sebuah kotak/box yang sudah siap pakai

Seperti itulah hasil dari membuat box serbaguna dari kardus yang bisa diikuti dirumah dan bisa juga dijadikan sebagai ide bisnis untuk anda yang memiliki masalah yang sama.

Jika ingin melihat produk yang sudah penulis ini buat bisa di cek di link ini:

https://shope.ee/6UwM8r4LGU?share_channel_code=1

 

LAMPIRAN:

      

 

References:

Ps, T. P. (2008). Penanganan dan pengolahan sampah. Penebar Swadaya Grup.

0 komentar:

Posting Komentar