28.10.23

Essay 1 Meringkas Film Youtube

 Essay 1 : Meringkas Film Youtube 

Psikologi Inovasi Dengan Tema Motivasi Percaya Kepada Diri

Kung Fu Panda (2008)

Bagus Kuncoro

21310410018



Dosen pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA

FAKULTAS PSIKOLOGI 
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Topik

Semua ada pada dirimu. Sebuah keberhasilan untuk mencapai suatu tujuan tidak lekang bahwa kita harus percaya terhadap diri kita. Kita adalah spesial, unik, dan juga berharga. Ketika kita memiliki perasaan bahwa diri kita spesial tentu akan menjadi sebuah pendorong untuk diri, lakulan yang terbaik maka hasil akan mengikuti selalu. 

Sumber

https://youtu.be/6AsI29K8V58?si=J2kKMzOANGrLlIJP

Ringkasan

Po adalah seorang Panda yang yang gemuk dan lucu namun canggung. Po memiliki mimpi bertarung bersama Furious Five yang legendaris dan melindungi kota dari segala ancaman. Satu-satunya masalah Po adalah  tidak memiliki pengalaman kungfu dalam kehidupan nyata karena pekerjaan sebenarnya dari Po adalah menyajikan mie di toko mie milik ayahnya. Berita pemilihan Prajurit Naga dikirim dari Kuil Giok, dan seluruh termasuk dia sendiri, Po lalu berusaha susah payah untuk pergi dan melihat perayaan tersebut. Po secara tidak sengaja mengikuti kontes dan diberi nama Dragon Warrior. 

Dalam perayaan tersebut Ketika Master Oogway memanggil penduduk untuk mengumumkan siapa yang akan menjadi The Dragon Warrior, dia secara mengejutkan menunjuk tongkatnya ke arah Po, dan kejadian itu menggagalkan harapan Master Shifu dan Tigress. Po akhirnya bergabung dengan akademi Master Shifu yang tidak percaya akan kemampuan dari Po. Namun, Po tidak menyerah dan terus berjuang untuk menjadi Dragon. Dia mendapat bantuan dari Master Shifu, yang akhirnya menyadari bahwa Po memiliki potensi yang besar. Bersama-sama, mereka melatih Po untuk menjadi pejuang kung fu yang tangguh dan menghadapi penjahat jahat Tai Lung, yang melarikan diri dari penjara dan ingin mengambil alih kota.

Sementara itu Tai Lung yang jahat menerobos penjara dengan keamanan tinggi tempat dia ditahan selama dua puluh tahun dan menuju ke kuil Oogway, berharap mendapatkan gulungan Naga dan menjadi lebih kuat. The Furious Five mencoba mencegat Tai Lung, tapi mereka dikalahkan. Sekarang satu-satunya kesempatan untuk menghentikan Tai Lung adalah Po yang rakus dan juga  bahwa Po mungkin adalah Sang Pejuang Naga yang diramalkan. Yang ditunggu pun tiba, akhirnya Po harus berhadapan dengan Tai Lung, dengan tingkah konyolnya Po dibuat kewalahan dan Tai Lung berusaha merebut gulungan naga dari tangan Po. Gulungan Naga pun akhirnya jatuh ke tangan Tai Lung dan ketika dia membuka ternyata hanyalah gulungan bening kosong yang tidak ada tulisan ataupun mantra apapun. Tai lung pun melemparkan gulungan itu, Po mengambil gulungan itu dan dia menyadari dia melihat cerminan dirinya dalam gulungan itu, Po pun mengerti dari maksud dari gulungan tersebut dan Po mendepatkan kekuatan dragon warior yang muncul dalam dirinya lalu mengalahkan Tai Lung dengan mudah.  

Permasalahan

Keraguan akan diri sendiri adalah penutupan akan jati diri. Ketika seharunya bahwa diri kita memiliki sesuatu yang istimewa dan kemampuan yang luar biasa tidak dapat keluar karena merasa bahwa diri sendiri tidak mampu. Perasaan bahwa diri hanyalah selalu dalam kegagalan dan merasa kalah padahal belum melangkah sama sekali. 


Opini saya

Kamu bisa melakukan apa pun jika kamu percaya pada diri sendiri. Terus selalu berusaha meskipun telah jatuh berkali-kali, tidak ada yang mustahil ketika kita mau berusaha. Kegagalan demi kegagalan bukan berarti kita tidak mampu ataupn telah gagal, akan tetapi agar kita belajar dari kegagalan tersebut untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Dalam kehidupan sehari-hari saya juga banyak belajar bagaimana untuk segera bangkit dari keterpurukan, mencoba memahami kelebihan dalam diri yang dapat terus dikembangkan untuk tidak merasa bahwa diri kita tidak berharga dan selalu bersyukur setiap bangun akan tidur dan bangun tidur dan mengatakan hari ini diriku luar biasa






0 komentar:

Posting Komentar