15.10.23

Essay 1 Meringkas Film : A Man Called Otto 2022

 MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG FILM A MAN CALLED OTTO 2022

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Tugas : Esai 1 Meringkas Film Youtube

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA 

 



Ira Prastiwi (21310410060)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Film A Man Called Otto mengajarkan bagaimana menghadapi kehilangan dan masalah kesehatan mental dan mengajarkan bahwa keluarga terkadang bisa ditemukan di tempat paling tidak terduga.

Lansia yang kehilangan dan tidak lagi memiliki semangat hidup akhirnya bisa memiliki prespektif berbeda tentang kehilangan, cinta dan kehidupan.

 

Sumber

https://youtu.be/SKEM_gIN_e8?si=7nq3wC3nZC5b9G_1

 

Ringkasan

1.       Otto, Lansia yang Kehilangan Semangat Hidup yang diperankan oleh Tom Hanks merupakan seorang pria berusia 63 tahun. Otto tinggal di pinggiran kota Pittsburgh, Pennsylvania. Setelah pensiun dari perusahaan baja dan ditinggal istrinya meninggal dunia, ia menghabiskan masa tuanya seorang diri.

2.       Otto Anderson (Tom Hanks) dikenal sebagai seorang pemarah yang tidak lagi melihat tujuan dalam hidup setelah kehilangan istrinya. Bahkan ia siap meninggalkan semuanya karena sudah lama mengalami gangguan kesehatan mental. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, ia begitu disiplin bahkan memiliki rutinitas yang baku dan tidak bisa diganggu atau diubah dengan seenaknya. Hampir semua orang bersinggungan dengan Otto di masa tuanya dan menganggap dirinya sebagai sosok menyebalkan.

3.       Perilaku menyebalkan dan sikap pemarahnya tidak muncul tanpa sebab, Otto memiliki banyak pengalaman traumatis yang membuat tubuhnya penuh rasa kalut dan bersalah. Otto berulang kali mencoba mengakhiri hidup karena sulit berdamai dengan kenyataan yang dihadapi terutama setelah ditinggal meninggal oleh istrinya.

4.       Rencana bunuh dirinya selalu terganggu saat keluarga muda bersemangat pindah ke rumah sebelah. Otto diakui bertemu dengan tetangga cerdas yang berhasil menantang Otto untuk melihat hidup dari perspektif berbeda. Pertemuan itu mengarah ke persahabatan tidak terduga dan mengubah dunia Otto.

5.       Mengenal Tetangga Baru Otto yang Berhasil Memberi Prespektif Hidup Baru Tetangga tersebut merupakan pasangan suami-istri Tommy dan Marisol serta dua anaknya. Tidak diduga keluarga tersebut memiliki sifat yang bisa mengimbangi karakter Otto. Tommy dan Marisol merupakan pasangan yang cerewet begitu juga dengan anak-anaknya yang ramai. Kehadiran keluarga kecil mereka perlahan mampu mengubah cara pandang Otto terhadap kehidupan selama ini yang diselimuti kepahitan masa lalu dan trauma.

 

Permasalahan

Otto adalah pria pemarah yang suka menggerutu, ia juga kaku dan keras hati. Dalam menjalankan hidupnya sehari-hari, ia juga dikenal sangat disiplin dan tidak suka diganggu atau diubah. Semua orang yang bersinggungan dengan Otto di masa tua akan menganggap dirinya menyebalkan. Sikapnya itu dikarenakan ia memiliki trauma dan pengalaman tidak menyenangkan dimasalalunya seperti gagal dalam tes militer, tidak diperpanjang memegang jabatan di kantor, penolakan dilingkungan rumahnya, kecelakaan yang menyebabkan ia kehilangan anaknya yang masih didalam janin, konflik dengan sahabatnya sampai dengan ditinggal selama-lamanya oleh istrinya.

 

Opini saya    

    Tidak ada salahnya memiliki orang lain yang bisa diandalkan. Seseorang tidak harus menjalani kehidupan sendiri secara terus menerus.

    Berbagai peristiwa terjadi dalam kehidupan Otto. Secara keseluruhan ini merupakan film yang menghibur, menyentuh hati, dan penuh dengan harapan. Kisah yang menginspirasi dan aspiratif tentang bagaimana hal-hal menakjubkan terjadi ketika seseorang membiarkan orang lain untuk masuk ke dalam hidup orang tersebut.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar