7.10.23

Essai Prestasi : Kegiatan Pelayanan Masyarakat

 

Pengecekan Kesehatan (Tensi, Gula Darah, Asam Urat, dan Kolesterol) Pra Lansia dan Lansia desa Jatipereng, Balecatur, Gamping, Sleman DIY



Nisa Nur Lathifah

21310410068

Kelas Sabtu Pagi

Dosen Pengampu  Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

                Upaya Kesehatan untuk pra lansia dan lansia bertujuan untuk menjaga hidup agar tetap sehat, produktif, dan berkualitas sesuai dengan martabat kemanusiaan. Upaya Kesehatan yang dilakukan meliputi menjaga kebersihan diri, olahraga teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi,  memiliki kehidupan sosial yang baik, pengecekan Kesehatan rutin, dan lain sebagainya. Pengecekan Kesehatan secara rutin bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lansia dan pra lansia akan kondisi kesehatannya. Selain itu juga dapat untuk mengontrol makanan yang mereka konsumsi untuk menjaga tubuhnya agar lebih sehat dan segera mendapatkan pengobatan atau penanganan yang lebih lanjut apabila dibutuhkan. Beberapa cek Kesehatan yang perlu rutin untuk dilakukan kepada pra lansia dan lansia seperti cek kadar gula dalam darah, asam urat, kolesterol, dan tensi.

            Kegiatan pelayanan masyarakat yang dilakukan pada Sabtu, 2 September yang berlokasi di Gamping, Sleman. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama dari Apotek UMY dengan salah satu dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan kelompok mahasiswa yang sedang melakukan KKN di desa tersebut. Selain untuk berbisnis kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, pengecekan dan edukasi Kesehatan kepada pra lansia dan lansia yang ada di desa Jatipereng, Gamping. Peran saya di sana sebagai tenaga kesehatan yang melakukan pengecekan Kesehatan dengan pengambilan sampel darah dan diuji dengan alat Kesehatan dan edukasi terkait pantangan makanan dan kesehatan kepada pra lansia dan lansia di desa tersebut. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 06.30 wib dimulai dengan senam Bersama lalu dilanjutkan pengecekan Kesehatan hingga pukul 10.30 wib.

            Saya bersyukur dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat mengedukasi dan bersilaturahmi dengan pra lansia dan lansia di desa Jatipereng, Gamping karena antusias peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Hasil dari kegiatan tersebut, diharapkan pra lansia dan lansia lebih sadar akan pentingnya menjaga pola hidup sehat demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. Saya berharap kegiatan ini tetap berlanjut di desa-desa yang lain dan membawa manfaat bagi diri saya dan orang lain agar lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain. 

Sumber :

https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/lansia

0 komentar:

Posting Komentar