7.10.23

Essai 2 Meringkas Jurnal Motivasi : Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai

 

Essai 2 : Meringkas Jurnal Motivasi

Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai



Nisa Nur Lathifah

21310410068

Kelas Sabtu Pagi

Dosen Pengampu  Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, Kinerja

Sumber

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan pelatihan terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen2(1), 129-147.DOI: https://doi.org/ 10.30596/maneggio.v2i1.3650

Permasalahan

Banyaknya keluhan yang ditujukan masyarakat melalui media dan juga berdasarkan pengamatan penulis secara langsung mengenai kualitas pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang yang belum maksimal, seperti keterlambatan internal dalam menanggapi masalah, diskriminasi, kurangnya respon terhadap keluhan masyarakan, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak lepas dari faktor kepemimpinan yang diterapkan, motivasi kerja karyawan, pelatihan, maupun faktor lainnya.

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai.

Isi

·         Kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam manajemen. Proses manajemen dan SDM akan lancar apabila kepemimpinan berjalan dengan baik (Hasibuan, 2012). Menurut Siagian (2011), motivasi adalah pendorong yang membuat seseorang atau organisasi ikhlas menunaikan kewajiban dan tanggungjawabnya.

·         Salah satu pengembangan dan perbaikan karyawan dapat dilakukan dengan pelaksanaan pelatihan bagi karyawan yang bertujuan untuk mencapai hasil kerja yang ditetapkan oleh perusahaan, memperbaiki pengetahuan karyawan, dan meningkatkan ketrampilan dan kemampuan untuk menduduki posisi tertentu disebuah perusahaan.

·         Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Deli, semakin besar pula kebutuhan air bersih . Hal tersebut membuat Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Deli berperan besar dalam menyediakan air bersih.

·         Fenomena yang terjadi saat ini di perusahaan tersebut banyak karyawan yang bekerja belum maksimal, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya keluhan yang berasal dari masyarakat. Selain itu, dalam hal penagihan rekening masih terdapat banyak tunggakan yang belum tertagih akitab kelalaian dan kurang disiplinnya karyawan. Terdapat pula pegawai yang tidak ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kurangnya pelatihan di perusahaan tersebut juga mengakibatkan karyawan menjadi kurang teliti sehingga sering menimbulkan kerugian bagi perusahaan maupun pelanggan.

Metode

·         Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif dan aasosiatif.

·         Objek dari penelitian ini adalah semua karyawan di PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang dengan populasi sebesar 48 orang karyawan, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan sampel jenuh.

·         Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, metode rergresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24

Hasil

·         Menurut penilaian responden, kepemimpinan masih kurang memuaskan namun tidak memengaruhi efisiensi kerja karyawan, bahkan kinerja karyawan tetap meningkat meskipun tidak ada perbaikan peningkatan kepemimpinan.

·         Berdasarkan hasil H0 yang diterima untuk variabel motivasi, dengan demikian secara parsial variabel motivasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Deli. Karyawan tidak lagi perlu diberikan motivasi karena sudah memiliki tugas dan tanggungjawab yang harus diselesaikan sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.

·         Dari hasil penelitian, seringnya karyawan yang mengikuti pelatihan yang sesuai dengan pekerjaannya akan meningkatkan kinerja karyawan itu sendiri. Jika kualitas dan kuantitas pelatihan ditingkatkan maka akan meningkatkan produktivitas karyawan dan memberikan kebebasan mereka untuk mengikuti jenis pelatihan sesuai dengan minat masing – masing, hal tersebut tentunya akan menciptakan karyawan dengan ketrampilan yang diinginkan perusahaan sehingga terwujudnya tujuan dari sebuah perusahaan.

Diskusi

·         Mengingkatkan kepemimpinan yang lebih baik akan memberikan motivasi dan dorongan bagi karyawan PDAM Tirta Deli.

·         Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatihan akan meningkatkan kinerja karyawan secara tidak langsung.

·         Metode pelatihan diberikan sesuai dengan kondisi dan tuntutan pekerjaan sehingga mampu menciptakan karyawan yang memiliki kompetensi yang diinginkan sehingga tercapai tujuan sebuah perusahaan.

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar