9.10.23

Essai 4 : Berperilaku inovatif

 

Essai 4 : Berperilaku inovatif

Cica Ayu Betiyanti

21310410026

Kelas Psikologi SJ

Mata kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundari Shinta

Fakultas Psikologi Univeritas Proklamasi 45



 

Membuat bros dari flanel bekas

Saat ini sampah masih menjadi masalah yang serius di Indonesia. Sampah merupakan bahan padat buangan dari kegiatan rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah penginapan, hotel, rumah makan, industri, puingan bahan bangunan dan besi- besi tua bekas kendaraan bermotor. Sampah merupakan hasil sampingan dari aktivitas manusia yang sudah terpakai (Sucipto, 2012).Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa diterapkan oleh masyarakat agar mampu mengurangi  sampah yang ada di lingkungan sekitar kita yaitu mengubah sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Disini saya akan memberikan contoh kain flanel yang saya ubah menjadi bros cantik yang bernilai jual dan bisa sebagai cindera mata serta bernilai pakai.

Saya menggunakan kain flanel bekas dari kantor yang biasanya langsung dibuang jika sudah 1 kali pakai untuk menghias (menghias meja birthday). Serta menyiapkan dakron dari bantal yang sudah tidak terpakai karena sudah jebol, 1  buah lem tembak beserta lemnya, benang jahit beserta jarumnya dan peniti bros yang saya belikan dari online shop.  Langkah awal yaitu memotong flanel menjadi persegi kemudian melipat seperti pita selanjutnya dijahit menggunakan jarum jahit agar kencang, agar terlihat rapih di akitkan kain flanel lagi yang bentuknya sangat kecil, lanjut di lem dan dipasangkan peniti bros.

Selain bentuk pita saya juga membuat bentuk bunga. Langkah awal yaitu memotong flanel dengan pola bunga sebanyak 2 lembar, selanjutnya menjahit pinggirannya menggunakan jarum, dengan menyisakan lubang sekitar 2 cm lalu dimasukkan dakron, setelah dakron masuk semua lubang sepanjang 2 cm tadi dijahit rapat, pada bagian atas saya beri bentuk love agar lucu, dilanjutkan dengan mengelem bagian belakang serta menempelkan peniti bros. Begitu juga dengan bentuk daun, perlu menyiapkan 2 lembar kain flanel warna hijau yang dibentuk pola daun , selanjutnya salah satu lembar nya dijahit dibentuk tulang daun kemudia 2 kain tersebut dijahit disatukan dengan menyisakan sekitar1,5 cm untuk memasukkan dakron setelah dakron masuk semua, lubang tadi dijahit rapat. Kemudian di lem serta ditambahkan peniti bros.

Dalam hal promosi saya mempromosikan melalui online shop (shopee) berikut link saya cantumkan

shopee.co.id/ayucicaa1412

0 komentar:

Posting Komentar